Follow Us

Tiga Skuadron F-35 Siap Dikirim ke UEA, Dubai Sumringah

Seto Ajinugroho - Sabtu, 31 Oktober 2020 | 06:13
Tiga Skuadron F-35 Siap Dikirim ke UEA, Dubai Sumringah
Lockheed Martin

Tiga Skuadron F-35 Siap Dikirim ke UEA, Dubai Sumringah

Sosok.ID - Uni Emirat Arab (UEA) mendapat keistimewaan tersendiri dari Amerika Serikat (AS).

UEA sendiri mendapat keistimewaan dengan mendapat pengiriman secara sepat jet tempur siluman F-35 Lightning II.

Padahal banyak negara mengantri membeli namun gegara normalisasi hubungan UEA-Israel, AS memberikan perhatian khusus bagi Dubai.

Tapi tetap saja UEA harus membayar 50 unit F-35 atau sama dengan 3 Skuadron itu.

Baca Juga: Kebiasaan 'Nakal' Sebagai Playboy Jempolan Masih Nempel hingga Kini, Raffi Ahmad Ngaku Pernah Ketangkap Basah Saat Teleponan dengan Cewek Lain, Ungkap Reaksi Tak Terduga dari Nagita Slavina: Udah Tau Dia

Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) memberi tahu Kongres bahwa pihaknya menyetujui penjualan 50 jet Lockheed Martin Co F-35 ke Uni Emirat Arab. Nilai penjualan itu sebesar US$ 10 miliar.

Rencananya Amerika Serikat dan UEA akan membuat surat persetujuan jual beli untuk jet F-35 pada itu pada Hari Nasional UEA yang dirayakan pada 2 Desember.

Mengutip Reuters, Jumat (30/10), Komite Hubungan Luar Negeri Senat AS dan Dewan Perwakilan Rakyat, yang anggotanya mengkritik peran UEA dalam kematian warga sipil di Yaman, memiliki hak untuk meninjau, dan memblokir, penjualan senjata di bawah proses peninjauan informal.

Israel awalnya menolak keras penjualan pesawat tercanggih itu tetapi pekan lalu membatalkan penolakannya setelah ada jaminan AS bahwa superioritas militer Israel akan dipertahankan.

Baca Juga: Ingin Buktikan Sendiri Imunnya Sudah Kebal Virus Corona Setelah Sembuh 6 Bulan, Peneliti Ini Infeksikan Diri Lagi dengan Covid-19, Hasilnya Justru Alami Gejala yang Lebih Parah

Kesepakatan apa pun harus memenuhi perjanjian lama dengan Israel bahwa senjata apa pun yang dijual AS di wilayah tersebut tidak boleh mengganggu keunggulan militer kualitatif"Israel. AS mejamin bahwa senjata apapun yang diberikan kepada Israel pasti lebih unggul dalam kemampuan dibandingkan senjata yang dijual ke tetangganya.

Source : kontan

Editor : Seto Ajinugroho

Baca Lainnya

Latest