Follow Us

Sesumbar Akan Jadi Negara Makmur Saat Pilih Lepas dari Indonesia, Timor Leste Gigit Jari Masuk Jajaran Negara Miskin Meski Miliki Minyak Melimpah, Ini Penyebabnya!

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Jumat, 30 Oktober 2020 | 18:13
(ilustrasi) Bendera Timor Leste. Sesumbar Akan Jadi Negara Makmur Saat Pilih Lepas dari Indonesia, Timor Leste Gigit Jari Masuk Jajaran Negara Miskin Meski Miliki Minyak Melimpah, Ini Penyebabnya!
intisari

(ilustrasi) Bendera Timor Leste. Sesumbar Akan Jadi Negara Makmur Saat Pilih Lepas dari Indonesia, Timor Leste Gigit Jari Masuk Jajaran Negara Miskin Meski Miliki Minyak Melimpah, Ini Penyebabnya!

Sosok.ID - 21 tahun lepas dari Indonesia, nyatanya Timor Leste justru semakin miskin meskipun memiliki minyak dan gas yang melimpah.

Akhirnya terjawab sudah penyebab Timor Leste semakin miskin setelah keluar dari Indonesia.

Padahal jika dipikir-pikir, Timor Leste adalah salah satu negara yang limpah dengan minyak dan gas bumi.

Namun sayangnya belimpah minyak dan gas bumi nyatanya tak bisa membuat Timor Leste hidup sejahtera.

Baca Juga: Belasan Tahun Empot-empotan Sejahterakan Rakyat, Timor Leste Bantah Pengin Balik Gabung ke NKRI, Sosok Ini Bongkar Kondisi Ekonomi Bumi Lorosae

Bahkan mengutip dari lembaga penelitian Timor Leste La'p Hamutuk, warga negara tersebut menyebut menyesal memiliki minyak dan gas tapi tetap saja miskin.

Di sebagian negara memiliki kekayaan minyak dan gas bumi melimpah adalah sebuah anugerah.

Hal ini lantaran minyak di negara miskin, lebih sering tidak menguntungkan sebagian besar rakyatnya sendiri.

Uang yang dihasilkan hanya akan diembat beberapa orang, dan mengarah pada kebijakan yang salah atau tidak berkelanjutan.

Baca Juga: Puluhan Tahun Rakyatnya Sebut Indonesia sebagai Penjajah, Mantan Pemimpin Timor Leste Mendadak Beri Pujian Setinggi Langit kepada NKRI Saat Diwawancarai Media Arab

Industri inyak dapat merusak lingkungan, dan seringkali berakhir pada pelanggaran HAM, dan ini terjadi pada banyak cara.

Source : TribunStyle.com

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest