Follow Us

Belasan Tahun Empot-empotan Sejahterakan Rakyat, Timor Leste Bantah Pengin Balik Gabung ke NKRI, Sosok Ini Bongkar Kondisi Ekonomi Bumi Lorosae

Tata Lugas Nastiti - Jumat, 30 Oktober 2020 | 06:13
Bendera Timor Leste.
intisari

Bendera Timor Leste.

Sosok.ID - Delapan belas tahun berlalu sejak Timor Leste memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sebelumnya meraih kemerdekaannya sendiri, Timor Leste adalah bagian dari Indonesia.

Namun sejak referendum PBB tahun 2002, Bumi Lorosae memutuskan untuk melepaskan diri dari NKRI dan menjadi negara merdeka.

Delapan belas tahun berlalu sebagai negara merdeka, rupanya Timor Leste sempat mengalami jatuh bangun dalam kondisi perekonomiannya.

Baca Juga: Timor Leste Dianggap Masih Empot-empotan Sejahterakan Rakyat Pasca Merdeka dari NKRI, Ternyata Segini Pendapatan Pekerja di Bumi Lorosae

Meski memiliki sumber daya minyak yang melimpah, Timor Leste dianggap tak mampu mengelolanya dengan baik.

Hal itu diyakini berdampak pada laju pertumbuhan ekonomi Bumi Lorosae.

Meski demikian, sosok asal Timor Leste ini tegas membantah perihal isu yang banyak digaungkan tersebut.

Berbicara pada Pos Kupang, Konsul dari Republica Democratica de Timor Leste (RDTL), Jesus Dos Reis Matos C, tidak terima dengan pernyataan yang menyebut Timor Leste sebagai negara termiskin di dunia.

Baca Juga: Seolah Perjuangan Merdeka dari NKRI 18 Tahun Lalu Tak Ada Hasilnya, Rakyat Timor Leste Kuliti Borok Negara Sendiri: Kami Tak Punya Apa-apa Lagi!

Konsul yang akrab disapa Zito itu, saat ditemui Pos Kupang Kamis (10/9/20), mengungkapkan situasi sebenarnya di Timor Leste.

Menurutnya informasi itu disampaikan oleh pihak tertentu di Timor Leste yang memanfaatkan gejolak politik negara saat ini.

Source : Intisari Online

Editor : Tata Lugas Nastiti

Baca Lainnya

Latest