Follow Us

Terciduk Lakukan Transaksi Dengan Taiwan, China Tak Tanggung-tanggung Beri Sanksi Ke Perusahaan Raksasa AS Ini, Apa Sebabnya?

Maymunah Nasution - Selasa, 27 Oktober 2020 | 05:35
Presiden Taiwan Tsai Ing-Wen (kanan) dan Menkes AS Alex Azar (kiri) di Kantor Kepresidenan Taiwan
Reuters

Presiden Taiwan Tsai Ing-Wen (kanan) dan Menkes AS Alex Azar (kiri) di Kantor Kepresidenan Taiwan

Sosok.ID - China akan menjatuhkan sanksi kepada Lockheed Martin, Boeing Defense, Raytheon dan perusahaan AS lainnya yang terlibat dalam penjualan senjata ke Taiwan, seorang juru bicara kementerian luar negeri mengatakan pada hari Senin.

Zhao Lijian mengatakan kepada wartawan bahwa China bertindak untuk melindungi kepentingan nasionalnya, tetapi tidak menjelaskan bentuk sanksi apa yang akan diambil.

Departemen Luar Negeri AS telah menyetujui potensi penjualan tiga sistem senjata ke Taiwan, termasuk sensor, rudal, dan artileri yang dapat memiliki nilai total US$ 1,8 miliar, kata Pentagon pekan lalu.

Baca Juga: Usulan Darinya Ditolak Raja, Perdana Menteri Muhyiddin Yassin Jadi Bahan-bahan Partai Oposisi: 'Sudah Anda Mengundurkan Diri Saja'

Mengutip Reuters, Senin (26/10), Beijing menganggap Taiwan sebagai provinsi bandel yang telah berjanji akan dikendalikan, dengan kekerasan jika perlu.

"Untuk melindungi kepentingan nasional kami, China memutuskan untuk mengambil tindakan yang diperlukan dan mengenakan sanksi kepada perusahaan AS seperti Lockheed Martin, Boeing Defense, dan Raytheon, serta individu dan perusahaan yang berperilaku buruk dalam proses penjualan senjata," kata Zhao.

China telah menjatuhkan sanksi pada Lockheed Martin dan perusahaan AS lainnya di masa lalu karena menjual senjata ke Taiwan, meskipun tidak jelas bentuk hukuman apa yang telah diambil.

Amerika Serikat, seperti kebanyakan negara, tidak memiliki hubungan diplomatik resmi dengan Taiwan, tetapi Washington terikat oleh hukum untuk menyediakan pulau itu sarana untuk mempertahankan diri.

Halaman Selanjutnya

Source : Reuters, Kontan.co.id

Editor : Intisari Online

Baca Lainnya

Latest