Follow Us

Didaulat Jadi Menhan, Prabowo dan Pasukan Prajurit TNI malah Sibuk Menanam Singkong, untuk Apa?

Rifka Amalia - Senin, 28 September 2020 | 15:13
Menhan Prabowo Subianto.
ANDREAS LUKAS ALTOBELI/Kompas.com

Menhan Prabowo Subianto.

Sosok.ID - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sedang disibukkan dengan banyak kegiatan, salah satunya yakni menjalankan proyek food estate.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu Presiden Joko Widodo menunjuk Menhan Prabowo dalam proyek tersebut.

Proyek itu mengerahkan prajurit TNI untuk melakukan penanaman singkong di sejumlah daerah di Indonesia.

Kendati sejatinya proyek ini merupakan ranah Kementerian Pertanian, namun Jokowi menilai kecukupan pangan juga bagian dari ketahanan nasional.

Baca Juga: Operasi Tempur Timor Leste! Pasukan Kapten Prabowo Subianto Hujani Timah Panas ke Presiden Fretilin yang Ingin Pisahkan Timor Timur dari NKRI

"Food estate sedang dibangun untuk memperkuat cadangan pangan nasional, bukan hanya di hulu, tetapi juga bergerak di hilir produk pangan industri," kata Jokowi saat Sidang Tahunan MPR pada 8 Agustus lalu, dikutip dari Kompas.com.

Melansir Antara via Kompas.com, Senin (28/9), Menhan Prabowo menargetkan kapasitas lahan singkong sebanyak 30.000 hektare di Kalimantan tengah.

Dan target 1,4 juta hektare di akhir tahun 2025.

"Saya hanya menjelaskan rencana ke depan singkong dan di Kalimantan Tengah kita akan mulai 2021, 30.000 hektare."

Baca Juga: Laut China Selatan Berpotensi Perang, Prabowo dan Retno Marsudi Tegaskan Indonesia Ogah Terlibat Baku Hantam!

"Selanjutnya sampai akhir 2025 meningkat terus sasaran kita, hingga akhir 2025 sebanyak 1,4 juta hektare. Garis besar itu," ujar Prabowo.

Prabowo juga telah berkoordinasi dengan pemerintah Kalimantan Tengah dalam pembagian tugas untuk menangani pembangunan cadangan pangan singkong.

Source : Kompas.com, Antara

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest