Follow Us

Waspada! Peneliti ITB Baru-baru Ini Ungkap Potensi Ancaman Tsunami Setinggi 20 Meter di Selatan Jawa, Begini Penjelasannya!

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Sabtu, 26 September 2020 | 14:30
(ilustrasi) Waspada! Peneliti ITB Baru-baru Ini Ungkap Potensi Ancaman Tsunami Setinggi 20 Meter di Selatan Jawa, Begini Penjelasannya!
Pixabay.com

(ilustrasi) Waspada! Peneliti ITB Baru-baru Ini Ungkap Potensi Ancaman Tsunami Setinggi 20 Meter di Selatan Jawa, Begini Penjelasannya!

Sosok.ID - Sebuah pernyataan mengejutkan datang dari pakar tsunami di Institut Teknologi Bandung baru-baru ini.

Pakar tsunami tersebut mengingatkan kepada masyarakat bahwa ada potensi tsunami mencapai 20 meter terjadi di Selatan pulau Jawa.

Oleh karena potensi tersebut, perlunya meningkatkan upaya mitigasi yang tepat menjadi kunci saat bencana tersebut terjadi.

Kabar mengenai potensi tsunami besar itu diungkapkan dari riset dan penelitian dari Institut Teknologi Bandung (ITB) tentang tsunami selatan Jawa yang diterbitkan di jurnal Nature Scientific Report, Kamis (17/9/2020).

Baca Juga: 5 Kekuatan Alam Pembunuh Massal Manusia, Indonesia Juga Pernah Ditimpanya

Widjo Kongko, pakar tsunami dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menegaskan bahwa hasil penelitian ilmiah itu harus direspons dengan bijak.

Bahkan ia menambahkan apa yang telah ditemukan oleh peneliti ITB tersebut harus jadi wacana baru tentang mitigasi bencana tsunami.

Meski sampai saat ini belum ada teknologi manapun yang bisa memastikan kapan dan di mana gempa besar atau tsunami terjadi.

Namun hasil penelitian mengenai potensi tsunami besar di Selatan pulau Jawa itu tidak boleh dikesampingkan,

Baca Juga: Sedang Hadapi Pandemi, Peneliti Internasional Ini Temukan Gejala Tsunami Besar di Indonesia, Begini Penjelasannya!

Potensi terjadinya tsunami memang bisa dihitung dengan berbagai model.

Namun, perkiraan tinggi tsunami dan waktu tibanya hanya dapat dihitung setelah gempa benar-benar terjadi.

Source : Kompas.com, itb.ac.id

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest