Follow Us

Sejak Melepaskan Diri dari NKRI Selalu Disokong Australia, Terungkap Kekuatan Militer Timor Leste Usai 18 Tahun Merdeka

Dwi Nur Mashitoh - Senin, 31 Agustus 2020 | 06:13
Negara ini menghisap kekayaan minyak bumi dari Timor Leste.
kompas.com

Negara ini menghisap kekayaan minyak bumi dari Timor Leste.

Sosok.ID - Selama ini sejarah berdirinya Timor Leste yang paling banyak diketahui adalah karena negara ini melepaskan diri dari NKRI.

Namun, bila ditilik lebih jauh ke belakang, ada sejarah rumit tentang berdirinya Timor Leste.

Sejarahnya dimulai ketika Portugis mulai berdagang dengan pulau Timor pada awal abad ke-16 dan menjajahnya pada pertengahan abad.

Pertempuran dengan Belanda di wilayah tersebut akhirnya menghasilkan perjanjian tahun 1859 di mana Portugal menyerahkan bagian barat pulau itu.

Baca Juga: Dipecundangi Australia, Timor Leste 'Ngemis' Sokongan dari PLA China, Militernya Terlalu Lemah untuk Balas Dendam Sendirian

Kemudian Kekaisaran Jepang menduduki Timor dari tahun 1942 hingga 1945, tetapi Portugal melanjutkan otoritas kolonial setelah kekalahan Jepang dalam Perang Dunia II.

Timor Timur mendeklarasikan dirinya merdeka dari Portugal pada 28 November 1975 dan diserbu serta diduduki oleh pasukan Indonesia sembilan hari kemudian.

Lalu wilayah ini dimasukkan ke Indonesia pada bulan Juli 1976 sebagai provinsi Timor Timur.

Kampanye pengamanan yang tidak berhasil terjadi selama dua dekade berikutnya, di mana sekitar 100.000 hingga 250.000 orang tewas.

Baca Juga: Orang Australia Ini Kuliti Borok Negaranya Sendiri yang Pecundangi Timor Leste Pasca-Merdeka, Sebut Cerita Ini Wajib Disiarkan ke Seluruh Dunia

Dalam referendum populer yang diawasi oleh PBB pada Agustus 1999, mayoritas rakyat Timor-Leste memilih untuk merdeka dari Indonesia.

Namun, dalam tiga minggu berikutnya, milisi anti-kemerdekaan Timor - yang diorganisir dan didukung oleh militer Indonesia - memulai kampanye pembalasan besar-besaran.

Source : Intisari Online

Editor : Dwi Nur Mashitoh

Baca Lainnya

Latest