Follow Us

Orang Australia Ini Kuliti Borok Negaranya Sendiri yang Pecundangi Timor Leste Pasca-Merdeka, Sebut Cerita Ini Wajib Disiarkan ke Seluruh Dunia

Rifka Amalia - Minggu, 23 Agustus 2020 | 18:13
Tentara Australia ketika berada di Timor Leste saat kerusuhan tahun 2006 terjadi
vrijoosttimor.com

Tentara Australia ketika berada di Timor Leste saat kerusuhan tahun 2006 terjadi

Sosok.ID - Merdekanya Negara Timor Leste dari Indonesia, tak lepas dari bantuan beberapa negara.

Dua di antaranya yakni berkat Portugal dan Australia.

Bukan rahasia lagi bahwa Australia merupakan negara yang memiliki hubungan diplomatik naik turun dengan Indonesia.

Sehingga tak heran jika negeri Kanguru getol ingin membantu Timor Timur lepas dari Tanah Air, dan berdiri sendiri sebagai Timor Leste.

Baca Juga: Sokong Kemerdekaan Timor Timur, Australia sampai Kerahkan F-111 untuk Bom Jakarta, Interfetnya Jiper Dibayangi Kapal Selam TNI AL

Kendati demikian, melansir Greenleft.org.au., ada maksud tersembunyi di balik keinginan Australia.

Rupanya, Australia menginginkan sesuatu yang besar dari Bumi Lorosae, dimana informasi ini dibeberkan sendiri oleh seorang warga Australia.

Ia adalah Bernard Collaery, yang dikenal sebagai pendukung hukum Timor Leste.

Mengatakan bahwa di pihak pemerintah Australia secara berturut-turut telah mengincar dan mencuri sumber daya negara itu secara ilegal dan tak bermoral.

Baca Juga: Bertindak Layaknya Pahlawan Bantu Padamkan Kerusuhan Timor Leste Usai Melepaskan Diri dari NKRI, Australia Rupanya Punya Motif Terselubung, Laut Timor Sudah Diincar Sejak Awal oleh Negeri Kanguru

Dia telah menjadi temandan penasihat pemimpin kemerdekaan Timor Leste, Xanana Gusmao, penasihat Saksi K, dan mata-mata yang membocorkan informasi tentang penyadapan Australia di ruang kabinet Timor Leste.

Dia juga membela dalam persidangan tertutup, terhadap tuduhan menerima orang Australia secara tidak benar dalam dokumen rahasia.

Source : Intisari Online

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest