Follow Us

Menhan Amerika Serukan Akan Dukung Asia Tenggara dari Ancaman Militer China

Seto Ajinugroho - Jumat, 28 Agustus 2020 | 17:13
Menhan Amerika Serukan Akan Dukung Asia Tenggara dari Ancaman Militer China
USNI News

Menhan Amerika Serukan Akan Dukung Asia Tenggara dari Ancaman Militer China

Sosok.ID - China kali ini bakal menghadapi perlawanan keras dari Amerika Serikat (AS) dan negara-negara Asia Tenggara.

Pasalnya AS menegaskan jika mereka akan mendukung setiap manuver negara-negara Asia Tenggara dalam memerangi China di lautan Pasifik Selatan.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Pertahanan AS, Mark Esper.

Mark Esper meminta negara-negara Asia untuk bekerja dengan AS agar lebih efektif melawan China di kawasan Indo-Pasifik.

Baca Juga: Terbongkar! Sebelum Jatuh ke Pelukan Mulan Jameela, Ahmad Dhani Incar Luna Maya untuk Dijadikan Istri, Sampai Lakukan Hal Ini ke Mantan Ariel NOAH

Dalam pidatonya pada Rabu (26/8) di Hawaii, Esper mengatakan, Departemen Pertahanan AS semakin fokus pada China sebagai ancaman di Indo-Pasifik dan secara global.

Esper mengungkapkan, strategi AS akan mencakup memperkuat aliansi dan kemampuan militer negeri uak Sam serta memperluas jaringan mitra yang berpikiran sama.

“Indo-Pasifik adalah episentrum persaingan kekuatan besar dengan China,” katanya seperti dikutip China South Morning Post. “Kami tidak akan menyerahkan wilayah ini, satu inci pun jika Anda mau, ke negara lain".

Baca Juga: Tak Selevel dengan Negara Lain yang Berlomba-lomba Cari Vaksin Covid-19, Kim Jong Un Perintahkan Pasukan Korea Utara untuk Tembak Mati Siapapun yang Berada di Perbatasan Korut-China Demi Hentikan Penyebaran Virus Corona

Laut China Selatan adalah tempat China paling sering melenturkan ototnya

"Negara lain yang memikirkan bentuk pemerintahan mereka, pandangan mereka tentang hak asasi manusia, pandangan mereka tentang kedaulatan, pandangan mereka tentang kebebasan pers, kebebasan beragama, kebebasan berkumpul, semua hal itu, yang entah bagaimana pun itu lebih baik dari apa yang banyak dari kita bagikan,” ujar dia.

Source : kontan

Editor : Sosok

Baca Lainnya

Latest