Follow Us

Dunia Akan Bersatu Perangi Klaim China di Pasifik

Seto Ajinugroho - Selasa, 14 Juli 2020 | 15:15
Dunia Akan Bersatu Perangi Klaim China di Pasifik
FB US PACIFIC FLEET

Dunia Akan Bersatu Perangi Klaim China di Pasifik

Sosok.ID - Harusnya pemerintah China tahu makna Yin dan Yang, keseimbangan.

Namun justru mereka sendiri yang merusak Yin dan Yang di kawasan Asia Pasifik.

Asal klaim dan merusuh kedaulatan berbagai negara kini lekat dengan pemerintahan Xi Jinping.

Amerika Serikat pada hari Senin (13/7/2020) menolak klaim Tiongkok untuk sumber daya lepas pantai yang disengketakan di sebagian besar Laut China Selatan.

Baca Juga: Ngeyel Tingkat Dewa, 25 Mahasiswa di Solo Diduga Nekat Adakan Pesta Wisuda Hingga Akhirnya Tertular Covid-19 dan Buat Klaster Baru Hingga Buat Gubernur Jateng Geram

Langkah ini dinilai dapat memperburuk hubungan yang erat antara dua ekonomi terbesar dunia.

Melansir Reuters, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan, China tidak menunjukkan dasar hukum yang komprehensif untuk ambisinya di Laut China Selatan dan selama bertahun-tahun telah menggunakan intimidasi terhadap negara-negara pantai Asia Selatan lainnya.

"Kami memperjelas: Klaim Beijing atas sumber daya lepas pantai di sebagian besar Laut China Selatan sepenuhnya melanggar hukum, seperti kampanye penindasan untuk mengendalikan mereka," kata Pompeo seperti yang dikutip Reuters.

Amerika Serikat telah lama menentang klaim teritorial China yang luas di Laut China Selatan, mengirimkan kapal perang secara teratur melalui jalur air strategis untuk menunjukkan kebebasan navigasi di sana.

Baca Juga: Menohok! Cincin Berlian Nyantol di Jari Manis Aurel, Atta Halilintar Jawab Sindiran Restu Krisdayanti: Anak Cewek Minta Restu ke Bapak, Bukan Ibu

Pernyataan Senin kemarin mencerminkan nada yang lebih keras.

Source : kontan

Editor : Seto Ajinugroho

Baca Lainnya

Latest