Perusahaan yang Besar di Indonesia Ini Ternyata Perusahaan Terkaya di Dunia, Nilainya 20 Gabungan Perusahaan Termahal Sejagat Saat Ini, Apple Kalah Jauh!

Perusahaan yang Besar di Indonesia Ini Ternyata Perusahaan Terkaya di Dunia, Nilainya 20 Gabungan Perusahaan Termahal Sejagat Saat Ini, Apple Kalah Jauh! (Amsterdam Monumenten - Oost-Indisch Huis (1606))
Perusahaan yang Besar di Indonesia Ini Ternyata Perusahaan Terkaya di Dunia, Nilainya 20 Gabungan Perusahaan Termahal Sejagat Saat Ini, Apple Kalah Jauh!

Sosok.ID - Bicara perusahaan dengan nilai termahal di dunia, seringkali dikaitkan dengan para raksasa teknologi seperti Google, Apple, Microsoft, hingga Amazon.

Perusahaan dengan nilai paling mahal di dunia juga biasanya identik dengan perusahaan minyak multinasional seperti Saudi Aramco atau ExxonMobil.

Belakangan, muncul anggapan kalau perusahaan paling mahal di dunia yang dicatat sejarah sejauh ini adalah VOC atau Verenidge Oost Indische Compagnie yang pernah beroperasi di Indonesia sejak 400 tahun yang lalu.

Di Indonesia, nama VOC bisa dibilang begitu familiar lantaran ikatan sejarah Indonesia pra-kemerdekaan.

Baca Juga: Vladimir Putin Harus Hati-hati, AS Terang-terangan Beri Bantuan Militer Ukraina Termasuk Kapal Tempur dan Senjata Berat yang Bisa Seketika Pecundangi Tentara Rusia di Perbatasan

VOC yang kerap diidentikan dengan kompeni ini adalah perusahaan kongsi dagang Belanda yang dulunya bermarkas di Amsterdam.

Bisnis utamanya yakni mencari sumber daya, terutama rempah-rempah di Nusantara, dan kemudian memperdagangkannya ke pasar Eropa.

Dalam praktiknya, VOC yang juga dikenal memiliki ribuan tentara bayaran ini, memaksakan monopoli perdagangan rempah kepada para penguasa di Nusantara.

Dilansir dari Business Insider, Minggu (12/7/2020), VOC diberikan hak istimewa oleh Kerajaan Belanda untuk melakukan monopoli dan perhubungan penguasa-penguasa di Nusantara, termasuk memerangi penguasa setempat.

Baca Juga: Kena Azab Gegara Bohongi Orang Tua, Ngakunya Belajar Tapi Malah Main Game Online, Tangan Remaja 15 Tahun Lumpuh Setelah Sebulan Penuh Terpaku di Depan Komputer

Video Pilihan

POPULAR

TAG POPULAR