Follow Us

Tiongkok Semakin Terdesak, Jepang dan India Adakan Latihan Bersama di Samudera Hindia, Sekongkol Lawan China?

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Minggu, 05 Juli 2020 | 16:42
(Ilustrasi) Tiongkok Semakin Terdesak, Jepang dan India Adakan Latihan Bersama di Samudera Hindia, Sekongkol Lawan China?
Xinhua/Intisari Online

(Ilustrasi) Tiongkok Semakin Terdesak, Jepang dan India Adakan Latihan Bersama di Samudera Hindia, Sekongkol Lawan China?

Sosok.ID - Sinyal perseteruan kembali berlanjut, setelah Tiongkok terang-terangan adakan latihan militer di wilayah sengketa.

Mendengar kabar China siaga hingga gelar latihan tempur, Amerika Serikat pun tak tinggal diam dengan mengirim dua kapal induknya masuk wilayah Laut China Selatan.

Dan baru-baru ini, sengketa perbatasan antara China dengan Jepang di Kepulauan Senkaku dan Tiongkok dengan India di Himalaya semakin berkembang.

Dua negara yang merasa dirugikan oleh pergerakan China itupun kini kirim sinyal pada Beijing.

Sinyal tersebut berupa latihan militer bersama di Samudera Hindia antaran India dan Jepang.

Baca Juga: Di Mana-mana Kencang Risiko Perang, Mesir Malah Ikutan Siapkan Militernya Gempur Ethiopia, Sekarang Daratan Afrika Juga Memanas

Latihan bersama yang digelar oleh angkatan laut India dan Jepang di Samudra Hindia pada pekan lalu memberi indikasi bahwa kedua negara semakin dekat untuk menghadapi apa yang mereka anggap sebagai ancaman bersama dari China.

Dilansir dari South China Morning Post, latihan militer bersama yang melibatkan kedua negara ini memang tidak jarang dilakukan, namun kegiatan terakhir terjadi di tengah ketegangan yang dialami kedua negara dengan Beijing.

Pasukan India dan China tetap terkunci dalam pertempuran di sepanjang perbatasan Himalaya yang disengketakan di mana 20 tentara India tewas dalam bentrokan baru-baru ini dengan pasukan China.

Baca Juga: Ogah Kecolongan Atas Kenekatan Tiongkok yang Ingin Kuasai 90 % Laut China Selatan, Jepang Lebih Pilih Modifikasi 2 Kapal Perang Jadi Kapal Induk Lawan Xi Jinping

Sementara Jepang dan China bersitegang dalam perang kata-kata mengenai langkah Jepang untuk mengubah administrasi status Kepulauan Senkaku, yang diklaim China sebagai Kepulauan Diaoyu.

Source : Kontan.co.id

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest