Follow Us

Gegara Puas Lihat Negaranya Tangani Virus Corona, Kim Jong Un Justru Marahi Pejabatnya, Kok Bisa? Ini Penyebabnya!

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Jumat, 03 Juli 2020 | 18:00
Gegara Puas Lihat Negaranya Tangani Virus Corona, Kim Jong Un Justru Marahi Pejabatnya, Kok Bisa? Ini Penyebabnya!
newsweek.com

Gegara Puas Lihat Negaranya Tangani Virus Corona, Kim Jong Un Justru Marahi Pejabatnya, Kok Bisa? Ini Penyebabnya!

Sosok.ID - Kim Jong-un memarahi kader-kader partai karena 'kurang perhatian' mereka dalam penampilan publik yang jarang - satu dari hanya tujuh sejak April.

Ketidakhadirannya dari kehidupan publik telah menimbulkan spekulasi tentang kondisi fisik lelaki berusia 36 tahun dan kendalinya terhadap senjata nuklir negara.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un telah membuat penampilan publik pertamanya dalam waktu sekitar satu bulan untuk menghukum kader puncaknya atas manajemen virus corona mereka, di tengah spekulasi dia mungkin mengisolasi dirinya sendiri karena pandemi.

Selama Biro Politik pertemuan Komite Sentral Partai Buruh, Kim memperingatkan para pejabat bahwa mereka mungkin akan merasa puas setelah kampanye enam bulan untuk mencegah penyakit itu keluar dari negara itu, lapor Kantor Berita Pusat Korea, Jumat.

Baca Juga: Persiapkan Serangan Presisi, Korut Bangun Replika Kantor Kepresidenan Korsel untuk Latihan Menembak

"Pemimpin Tertinggi membuat kritik tajam atas kurangnya perhatian, pandangan dan sikap kronis yang semakin umum di kalangan pejabat," kata KCNA.

"Dia berulang kali memperingatkan bahwa bantuan tergesa-gesa dari tindakan anti-epidemi akan menghasilkan krisis yang tak terbayangkan dan tidak dapat diperbaiki."

Foto-foto pertemuan Kamis yang menunjukkan Kim di depan bendera partai dan berbicara di sebuah ruangan yang penuh dengan pejabat juga dirilis di media pemerintah.

Ini adalah penampilan Kim pertama yang menyertakan bukti foto sejak 8 Juni, menurut NK News, sebuah layanan berita yang mengkhususkan diri padaKorea Utara.

Baca Juga: Ri Sol Ju Bukan Istri Pertama Pemimpin Korea Utara, Terungkap Sang Mantan dari Kim Jong Un Mati Ditangan Anak Buah Kekasihnya

Ia menambahkan bahwa Kim telah membuat tujuh penampilan pada bulan April hingga Juni tahun ini, turun dari rata-rata 46 untuk bulan-bulan sejak mengambil alih kekuasaan pada akhir 2011.

Kim tidak menyebutkan ketegangan baru-baru ini dengan Korea Selatansetelah rezimnya bulan lalu mengeluarkan salah satu provokasinya yang terbesar dalam beberapa tahun terhadap tetangganya dengan meledakkan kantor penghubung bersama senilai US $ 15 juta di utara perbatasan.

Source : kcna, South China Morning Post, NK News

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest