Follow Us

Terdengar Mustahil, Namun Inilah Kisah Manusia Pertama di Dunia yang Hidup Tanpa Detak Jantung, Bagaimana Bisa?

Rifka Amalia - Kamis, 02 Juli 2020 | 10:15
Craig Lewis yang harus hidup tanpa jantung
voomed.com

Craig Lewis yang harus hidup tanpa jantung

Sosok.ID -Jantung, adalah organ yang sangat penting dalam kehidupan manusia.

Saat seseorang tiba-tiba pingsan atau mengalami kecelakaan dan tidak sadarkan diri, hal yang pertama kali diperiksa adalah denyut nadi jantung.

Adanya kerusakan di jantung bisa menjadi fatal, meski organ tubuh lainnya pun punya peran masing-masing untuk membuat tubuh kita menjadi sehat.

Bagaimana pun, manusia akan lebih mudah beraktivitas ketika seluruh organ dalam tubuhnya berfungsi dengan normal.

Baca Juga: Marah Besar Gegara Balita Bocor Jantung, Bupati Barito Kuala Hentikan Kerja Sama dengan BPJS: BPJS Seperti Tidak Ada Rasa Kemanusiaan...

Jantung sendiri merupakan organ yang sangat vital bagi manusia, terutama terkait fungsinya untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

Berfungsi sebagai pemompa darah agar oksigen dapat mengalir ke seluruh tubuh, nampaknya tidak mungkin seorang manusia mampu hidup tanpa jantung.

Namun dengan perkembangan teknologi di dunia medis, sejumlah ilmuwan asal Amerika Serikat mampu mematahkan semua logika tersebut.

Bahkan mereka berhasil membuat manusia pertama di dunia yang hidup meski tanpa jantung.

Baca Juga: Peduli Tubuhmu: Begini Cara Menggunakan Heart Rate Monitor untuk Ketahui Detak Jantung dan Memilih Alat yang Sesuai dengan Anda

Manusia pertama tersebut bernama Craig Lewis, pria 55 tahun seorang pasien penyakit jantung disebuah Rumah Sakit di Amerika Serikat.

Source : Grid Health

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest