Follow Us

Perlombaan Senjata Negara Asia Tenggara Dimulai, Semua Karena Ulah China

Seto Ajinugroho - Sabtu, 27 Juni 2020 | 16:42
Perlombaan Senjata Negara Asia Tenggara Dimulai, Semua Karena Ulah China
Bangkok Post

Perlombaan Senjata Negara Asia Tenggara Dimulai, Semua Karena Ulah China

Sosok.ID - Sebenarnya, negara-negara di Asia Tenggara mempunyai potensi bertikai satu sama lain.

Namun jika sudah menyangkut kepentingan bersama, negara ASEAN bisa bersatu untuk melawannya.

Contoh paling nyata tentunya klaim China di Pasifik Selatan.

Vietnam dan Filipina mengingatkan meningkatnya rasa tidak aman di Asia Tenggara pada pertemuan puncak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN pada Jumat (26/6).

Baca Juga: Ngotot Jadi Artis Tapi Ujung-ujungnya Gagal, Kabar Mantan Polisi yang Viral Gegara Joget Chaiya Chaiya Ini Dibongkar sang Mantan Istri, Begini Kondisinya Usai Usaha Buburnya Bangkrut

Ini setelah China meningkatkan kegiatannya di Laut Cina Selatan yang disengketakan selama pandemi virus corona.

Vietnam dan Filipina sudah mengajukan protes ke China pada bulan April 2020 lalu setelah China secara sepihak mendeklarasikan pembentukan distrik administratif baru di pulau-pulau di jalur perairan bermasalah di Laut China Selatan yang juga diklaim menjadi wilayah Vietnam dan Filipina.

"Bahkan ketika wilayah kami berjuang untuk menahan wabah corona (Covid-19), insiden-insiden yang mengkhawatirkan di Laut Cina Selatan terjadi," kata Presiden Filipina Rodrigo Duterte dalam pertemuan secara virtual para pemimpin Asosiasi Negara-Negara Asia Tenggara (ASEAN) pada Jumat (16/6) yang dikutip Reuters.

"Kami meminta para pihak untuk menahan diri dari meningkatkan ketegangan dan mematuhi tanggung jawab di bawah hukum internasional," katanya.

Baca Juga: KTT ASEAN, Negara-negara Asia Tenggara Tuding China Terang-terangan Tantang Hukum Internasional, Filipina Pilih Minta Bantuan Militer AS, Pecah Perang?

China telah mendorong kehadirannya di Zona Ekonomi Eksklusif dari negara-negara lain, sementara negara lain sibuk menangani pandemi corona. Ini yang mendorong Amerika Serikat (AS) meminta China agar menghentikan perilaku intimidasi di Laut China Selatan.

Pada awal April 2020, Vietnam menyatakan, salah satu kapal penangkap ikannya ditenggelamkan oleh kapal pengawas maritim Tiongkok.

Source : kontan

Editor : Seto Ajinugroho

Baca Lainnya

Latest