Follow Us

Kabarnya Kritis sampai Meninggal Dunia, Kim Jong Un malah Kedapatan Jalan-jalan di Kota Wonsan, Ada Apa Sebenarnya?

Rifka Amalia - Minggu, 26 April 2020 | 18:00
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.
New York Post

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Sosok.ID - Kabar tentang kesehatan diktator Korea Utara, Kim Jong Un, masih belum menemui kebenarannya.

Pasalnya negara itu terlalu tertutup untuk dilacak informasinya.

Bukan sekedar dalam kondisi kritis, beberapa media bahkan meyakini Kim Jong Un telah meninggal dunia, sebab Pyongyang tak kunjung angkat suara.

Kim Jong Un tak muncul ke publik sejak memimpin pertemuan para petinggi Dewan Politbiro Partai Buruh pada 11 April, dilansir AFP Minggu (26/4/2020).

Baca Juga: Bahaya! Jika Kim Jong Un Benar Meninggal dan Kekuasaan Beralih ke Adik Perempuannya, Korea Utara Bisa Makin Sengsara, Wajah Polos Rupawan Kim Yo Jong cuma Tipu Daya

Kabar kesehatan Kim Jong Un menyeruak sejak pemberitaan dari Daily NK, media yang dikelola oleh sebagian besar pembelot Korut.

Dikatakan bahwa Kim menjalani operasi kardiovaskular sehari setelah pertemuan, dan memulihkan diri di vila kawasan Provinsi Pyongan Utara.

Mengutip sumber internal, diyakini Kim terpaksa dioperasi dikarenakan dia merupakan perokok berat, mengalami obesitas, dan kelelahan bekerja.

Kabar itu kemudian ditambah pemberitaan CNN, yang menyatakan AS tengah memonitor kabar intelijen bahwa Kim "berada dalam kondisi kritis".

Baca Juga: Media Seberang Kelepasan Rilis Berita Kim Jong Un Meninggal Dunia, Pyongyang Tak Membantah, Pakar Yakin Pimpinan Korut telah Wafat

Negara tetangga Korea Selatan, yang secara teknis masih terlibat perang dengan Pyongyang, berusaha mendinginkan laporan tersebut.

Pada Kamis (23/4/2020), Presiden AS Donald Trump dalam konferensi pers di Gedung Putih memberikan bantahan mengenai kesehatan Kim.

Source : Kompas.com

Editor : Sosok

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest