Follow Us

Abaikan Peperangan di Masa Lalu, Demi Kemanusiaan, Indonesia Lewat Kupang Sambut Permintaan Tolong Timor Leste Meski Bali Tak Sependapat

Rifka Amalia - Jumat, 07 Februari 2020 | 16:45
Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laikodat, siap membantu ke 17 warga Timor Leste yang dipulangkan dari China.
Dokumen Humas Pemprov NTT

Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laikodat, siap membantu ke 17 warga Timor Leste yang dipulangkan dari China.

Sosok.ID - Pemerintah Provinsi Bali menolak permintaan tolong Timor Leste pada Indonesia.

Seperti diketahui bahwa Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati alias Cok Ace pada Rabu (3/2/2020) mengatakan bahwa Timor Leste mengajukan permintaan izin untuk melakukan karantina terhadap 17 warganya di Bali.

"Jadi Pemerintah Timor Leste, mereka minta fasilitas dan izin melalui Kedutaan Besar Indonesia di Timor Leste untuk karantina 17 warga negaranya di Bali selama dua sampai tiga minggu," kata Cok Ace.

Namun, usai diadakannya rapat, Pemprov Bali menolak permintaan Timor Leste.

Baca Juga: Sakit Hati Anies Baswedan Dibully Jadi Alasan Ibu Rumah Tangga Hina Tri Rismaharini, Sebut Sakit Hati Lihat Netizen Gubernur DKI Jakarta Dibandingkan dengan Wali Kota Surabaya Saat Tangani Banjir

Melansir Kompas.com, Kepala Dinas Kesehatan Bali I Ketut Suarjaya pada Selasa (4/2/2020) menyampaikan, pihaknya tak dapat menerima permintaan Pemerintah Timor Leste.

"Kita menolak dijadikan tempat karantina. Kita tak dapat menerima usulan mereka," ucap Suarjaya.

Suarjaya menyebutkan, penolakan tersebut berdasarkan arahan presiden untuk tidak menerima kunjungan dari dan ke China untuk sementara waktu.

Pada 5 Januari 2020, pemerintah bahkan telah menutup akses penerbangan dari dan ke China.

Baca Juga: Heran! Suruh Anaknya Beli Tas Mahal Hingga Puluhan Juta, Putri Komedian Parto Hanya Ambil Rp 200.000 Dari ATM Ayahnya: Ini Anak Bagus Banget, Enggak Ngerti Duit!

"Penerbangan juga sudah dihentikan. Poinnya tak lagi menerima sementara waktu dari China," kata Suarjaya.

Sementara itu Cok Ace, juga telah menyampaikan bahwa permintaan tolong tersebut terkait kurangnya fasilitas Timor Leste dalam menghadapi virus corona.

Source : Kompas.com

Editor : Seto Ajinugroho

Baca Lainnya

Latest