Follow Us

Tak Berhasil Diselamatkan Pemerintah Indonesia, Tiga Orang WNI 'Disandera' di Negeri Tirai Bambu Berdampingan dengan Virus Corona, Menteri Terawan: Itu Tanggung Jawab China

Rifka Amalia - Selasa, 04 Februari 2020 | 17:30
Menurut Terawan, keputusan tidak meloloskan tiga WNI di Wuhan telah sesuai dengan prosedur, berdasarkan perumus otoritas setempat, sehingga tiga WNI tersebut telah menjadi tanggungjawab pemerintah China
KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO

Menurut Terawan, keputusan tidak meloloskan tiga WNI di Wuhan telah sesuai dengan prosedur, berdasarkan perumus otoritas setempat, sehingga tiga WNI tersebut telah menjadi tanggungjawab pemerintah China

Sosok.ID - Indonesia mengevakuasi 245 warganya yang berada di Wuhan, China pada Sabtu (1/2/2020).

Evakuasi ini berjalan lancar, WNI yang mendarat, lantas dikarantina di Natuna.

Beberapa negara di dunia memutuskan untuk mengevakuasi warganya yang berada di China, hal ini adalah bentuk tindak lanjut dari penyebaran virus corona yang kian mengglobal.

Sementara hingga Sabtu (4/2/2020) sore, berdasarkan pantauan data real time, virus corona diketahui telah menginfeksi sejumlah 20.659 orang, merenggut 427 korban jiwa, serta tersebar di 26 negara lain di luar China.

Baca Juga: Tak Tahu Tempatnya Bakal Dijadikan Tempat Karantina WNI dari Wuhan, 657 Warga Berbondong-bondong Tinggalkan Natuna Gegara Takut Tertular Virus Corona

Pada rencana awal, Indonesia berusaha untuk memulangkan 24r WNI yang terjebak di China.

Namun, menurut Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, pemerintah hanya berhasil mengevakuasi 238 orang dari Wuhan, China.

Jumlah ini berkurang tujuh orang dari rencana awal, sementara empat orang menyatakan tidak bersedia dievakuasi atas kehendak sendiri, 3 lainnya tak berhasil pulang ke Indonesia lantaran dinyatakan tidak lolos uji screening.

Melansir Kompas.com, tiga orang yang kini masih di Wuhan, adalah tanggungjawab pemerintah China.

Baca Juga: Hati-Hati! Info Terbaru Virus Corona Terdeteksi Menyebar Lewat Gagang Pintu, Perhatikan Langkah Antisipatif Berikut Demi Mencegah Kemungkinan Terburuk, Sangat Mudah Namun Sering Diabaikan!

Menurut Terawan, keputusan tidak meloloskan tiga WNI di Wuhan telah sesuai dengan prosedur, berdasarkan perumus otoritas setempat.

"Itu keputusan dari Menteri Kesehatan China. Sehingga mereka akan tanggung jawab sama dengan tiga orang itu," ujar Terawan di Kantor Kemeko Polhukam, Selasa (4/2/2020), dikutip dari Kompas.com.

Source : Kompas.com

Editor : Seto Ajinugroho

Baca Lainnya

Latest