Plin-Plan, Usai Ngotot Natuna Milik Mereka, China Sekarang Ganti Pernyataan Lagi, Tanda Takut?

China Arogan Pamer Kekuatan di ZEE Natuna, Jepang Hibahkan Bantuan Kapal Pengawas Perikanan . Kapal penjaga pantai (coast guard) China yang membandel mengawal kapal nelayan China mencuri ikan di perairan Indonesia, Natuna. globalnation.inquirer.net
China Arogan Pamer Kekuatan di ZEE Natuna, Jepang Hibahkan Bantuan Kapal Pengawas Perikanan . Kapal penjaga pantai (coast guard) China yang membandel mengawal kapal nelayan China mencuri ikan di perairan Indonesia, Natuna.

 

Sosok.ID - Pejabat Kementerian Luar Negeri China menyatakan segera menyelesaikan persoalan perairan Natuna secara damai.

Meski demikian kapal-kapal ikan China masih nekat melakukan ilegal fishing di Natuna.

Coast Guard China juga terlihat mengawal kapal-kapal tersebut.

Tak hanya nekat mengambil ikan di Natuna, saat diminta oleh keluar oleh petugas kapal TNI AL Indonesia, petugas kapal China menyatakan ogah keluar dan merasa sudah berada di wilayah perairan China.

Hal itu terjadi saat kapal TNI AL melakukan pengusiran terhadap kapal Chin pada Sabtu (11/1/2020).

Baca Juga: Nia Ramadhani Beberkan Biaya Sekolah dan Antar Jemput Anak-anaknya yang Fantastis, Feni Rose : Jemput Pakai Helikopter!

Melalui alat komunikasi di kapal, petugas di kapal TNI AL memperingatkan kapal Coast Guard China agar memerintah kapal-kapal ikannya untuk keluar dari wilayah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia.

Petugas TNI AL menegaskan operasional kapal di ZEE Indonesia merupakan bentuk perbuatan ilegal.

"Kapal nelayan Anda beroperasi di perairan Indonesia secara ilegal. Anda melanggar Zona Ekonomi Ekslusif Indonesia."

"Perintahkan kapal nelayan Anda untuk meninggalkan wilayah ini segera. Saya ulangi, perintahkan kapal nelayan Anda untuk meninggalkan wilayah ini segera."

Video Pilihan

POPULAR

TAG POPULAR