Follow Us

Satu Bocah Satu Ayam! Program Baru Wali Kota Bandung Demi Cegah Kecanduan Gadget Pada Anak, Bagaimana Caranya?

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Rabu, 23 Oktober 2019 | 16:05
Ilustrasi Bocah dan Anak Ayam (kiri) / Wali Kota Bandung, Oded M Danial (kanan)
Kolase Facebook/Kompas

Ilustrasi Bocah dan Anak Ayam (kiri) / Wali Kota Bandung, Oded M Danial (kanan)

Sosok.ID - Prihatin dengan fenomena anak kecanduan gawai yang belakangan marak diberitakan, Wali Kota Bandung usulkan ide unik.

Oded M Danial, selaku Wali Kota mengaku telah membuat program khusus untuk anak-anak di Kota Bandung.

Program tersebut adalah membagikan anak ayam kampung ke seluruh anak level sekolah dasar yang ada di Kota Bandung.

"Saya punya program, anak-anak mau saya kasih (kegiatan) memelihara anak ayam, biar mereka ada kegiatan tidak hanya main gadget saja. Kita akan kasih anak ayam kampung, kita bagikan kepada mereka secara gratis," kata Oded saat ditemui di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalemkaum, Kota Bandung, Senin (21/10/2019).

Baca Juga: Tak Terima Disebut Sebagai Wanita dalam Video Panas, Gisella Anastasia Bakal Lakukan Tindakan : Sedang Mencari Tahu UU ITE

Lebih lanjut Oded menambahkan, sebelum diberi anak ayam, anak-anak SD akan diajari cara memelihara anak ayam yang mudah dan murah.

"Sebelumnya kita akan adakan pelatihan kepada mereka, bagaimana cara memelihara ayam. Kasih pakannya gimana, nanti kita akan bina seperti itu. Kalau cuma satu ekor kan, bisa menggunakan dus untuk kandang. Saya berharap dengan adanya kegiatan ekstra untuk anak anak di rumah bisa mengurangi kecanduan gadget," tuturnya.

Selain untuk mengurangi kecanduan gawai, Oded mengatakan program yang rencananya dimulai sebelum masuk tahun 2020 tersebut bertujuan melatih wirausaha sedari dini untuk anak-anak usia SD.

"Sekalian juga itu ada dimensi enterpreneur, cara beternak bagaimana, terus juga dimensi anak-anak akan tumbuh dalam dirinya bagaimana menyayangi binatang, ditambah lagi mereka bisa mengerti biologi. Saya lagi cari DOC-nya dulu sekarang," katanya.

Rencana jangka panjangnya, lanjut Oded, ayam kampung yang sudah dewasa dibeli oleh Pemerintah Kota Bandung.

Baca Juga: Walau Jadi 'Bawahan' Jokowi, Nyatanya Jabatan Menteri Pertahanan Prabowo Bisa Menggantikan Peran Presiden Tanpa Melalui Pemilu

"Nanti bisa ditukar lagi jadi 3 anak ayam. Artinya, di Kota Bandung yang lahannya sudah susah, kita punya peternakan ayam yang dikelola oleh anak-anak SD," tandasnya.

Source : Kompas.com

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest