Follow Us

Bakal Jadi Ibukota Baru Karena Minim Bencana Alam, Kaltim Disebut BMKG Miliki 3 Sesar Gempa Aktif yang Pernah Timbulkan Tsunami

Tata Lugas Nastiti - Senin, 26 Agustus 2019 | 14:30
Bakal Jadi Ibukota Baru Karena Minim Bencana Alam, Kaltim Disebut BMKG Miliki 3 Sesar Gempa Aktif .
Kolase gambar tangkap layar Kompas TV dan Dokumentasi Zulfakriza Z via Kompas.com

Bakal Jadi Ibukota Baru Karena Minim Bencana Alam, Kaltim Disebut BMKG Miliki 3 Sesar Gempa Aktif .

Sosok.ID - Senin (26/8/2019) Presiden Joko Widodo baru saja resmi mengumumumkan bahwa provinsi Kalimantan Timur terpilih sebagai lokasi ibukota yang baru.

Rencana pemindahan lokasi ibukota Indonesia dari DKI Jakarta ke Provinsi Kalimantan Timur diumumkan Presiden Jokowi dalam konfrensi Pers di Istana Negara, Jakarta.

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi menyebut bahwa salah satu alasannya memilih Provinsi Kalimantan Timur sebagai lokasi ibukota yang baru dikarenakan minimnya peristiwa bencana alam yang terjadi.

Melansir Kompas.com, dalam perancangan pemindahan lokasi ibukota, terdapat beberapa wilayah di Kalimantan Timur yang potensi menjadi ibukota.

Baca Juga: Sempat Ditolong Siswa SMK yang Lihat Tubuhnya Terbakar Saat Unjuk Rasa di Cianjur, Ipda Erwin Meninggal Dunia

Adalah sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kertangera, akan direncanakan menjadi lokasi ibukota yang baru di Provinsi Kalimantan Timur.

"Lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kertangera, Provinsi Kalimantan Timur," jelas Jokowi.

Pemilihan provinsi Kalimantan Timur sebagai lokasi ibukota yang baru ini bukan tanpa alasan.

Terdapat beberapa alasan khusus mengapa wilayah Kalimantan Timur bakal menjadi lokasi ibukota yang baru.

Baca Juga: Buntut Kasus Oknum Polwan Kirim Miras untuk Mahasiswa Papua, Kapolda Jabar Nonaktifkan Jabatan Kapolsek Sukajadi

Salah satunya adalah pertimbangan wilayah Provinsi Kalimantan Timur yang minim terjadi bencana alam.

Hal ini pun sempat diungkapkan Presiden Jokowi dalam pidatonya di konfrensi pers siang ini, Senin (25/8/2019).

Source : Kompas.com, Tribunnews.com

Editor : Tata Lugas Nastiti

Baca Lainnya

Latest