Follow Us

Operasi Linud Menegangkan Kopassus Invasi Dili, Sampai di Darat Baku Tembak Lawan Pasukan Tropaz Portugal

Seto Ajinugroho - Senin, 29 Juli 2019 | 09:41
Sejumlah personil Paskhas TNI AU melakukan terjun penyegaran. Paskhas juga turut andil merebut bandara Komoro, Dili saat Operasi Seroja
Paskhas TNI

Sejumlah personil Paskhas TNI AU melakukan terjun penyegaran. Paskhas juga turut andil merebut bandara Komoro, Dili saat Operasi Seroja

Sosok.ID - Sebagai pasukan penggebuk utama TNI, Kopassus haruslah mempunyai mobilitas tingkat tinggi.

Karena itulah tak heran jika skema penyerbuan yang dilakukan oleh Korps Baret Merah haruslah cepat, mendadak dan mematikan.

Salah satunya sudah dipraktekkan di palagan Operasi Seroja 7 Desember 1975 dimana Kopassus beramai-ramai menyerbu bumi Lorosae melalu langit.

Mengutip buku "Hari H 7 Desember 1975, Reuni Operasi Lintas Udara di Dili Timor Portugis", sebelum melakukan operasi penyerbuan ini, TNI/ABRI kala itu melakukan operasi intelijen bersandi Flamboyan.

Baca Juga: Awal Mula Terkuaknya Hubungan Sedarah di Sulsel, Sang Adik Mengaku Janda yang Sudah Cerai Dua Kali

Mengutip Kiki Syahnakri, Timor-Timur The Untold Story, dalam operasi Flamboyan, ABRI membentuk tiga tim yang semuanya dinamai dengan nama perempuan yakni Tuti, Umi dan Susi.

Ketiga tim itu bertugas memetakan dan menyiapkan rencana Operasi Seroja di Timor-Timur serta mengamankan pimpinan partai di sana yang pro Indonesia macam Apodeti yang dipimpin oleh Arnaldo dos Reis Araujo.

Setelah rencana operasi dinilai sudah matang, maka segera dilaksanakanlah Seroja.

Sebagai serangan pembuka maka dipilihlah 270 prajurit Para Komando Grup 1 Kopassandha dan 285 prajurit Yonif Linud 501 Kostrad.

Baca Juga: Seribu Satu Usaha Keluarga Selamatkan Sri Wahyuni, TKW Korban Penyiksaan di Arab Saudi

Kedua satuan itu bakal melakukan operasi Lintas Udara tepat diterjunkan ke jantung kota Dili.

Namun sial bagi mereka, karena data intelijen dari tim Flamboyan meleset, awalnya hulubalang Indonesia itu yakin jika Dili hanya dijaga oleh Hansip.

Source : Kiki Syahnakri : Timor Timur The Untold Story, Hari H 7 Desember 1975 Reuni Operasi Lintas Udara di Dili Ti

Editor : Seto Ajinugroho

Baca Lainnya

Latest