Indonesia Harus Waspada, Tiongkok Akui Masih Getol Ingin Kuasai Laut China Selatan Sepenuhnya Dengan Jor-joran Kekuatan Militer Lautnya!

Selasa, 14 September 2021 | 16:06
Anadolu Agency/Presidential Palace

Indonesia Harus Waspada, Tiongkok Akui Masih Getol Ingin Kuasai Laut China Selatan Sepenuhnya Dengan Jor-joran Kekuatan Militer Lautnya!

Sosok.ID-Kerumitan perebutan batas wilayah Laut China Selatan antaran Tiongkok dan sejumlah negara di Asia Tenggara termasuk Indonesia belum usai.

Bahkan hal itu sempatdiutarakan oleh diplomat senior China Wang Yi kepada seorang pejabat Vietnam yang mengungkapkan harus saling menahan diri.

Melansir Reuters yang mengutip Kemenlu China dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu, Anggota Dewan Negara Wang berbicara dengan Wakil Perdana Menteri Vietnam Pham Binh Minh selama kunjungan ke Vietnam.

Kunjungan Wang ke Vietnam, bagian dari tur Asia Tenggara selama seminggu, terjadi sekitar dua minggu setelah perjalanan Wakil Presiden AS Kamala Harris ke wilayah tersebut.

Baca Juga: Pergerakan Tiongkok Makin Liar di Laut China Selatan, 2 Negara Ini Bersiap Perang Besar, Bagaimana Dengan Indonesia?

Perdana menteri Vietnam mengatakan dalam pertemuan dengan duta besar China hanya beberapa jam sebelum kunjungan Harris, bahwa Vietnam tidak bersekutu dengan satu negara terhadap negara lain.

China mengatakan memiliki kedaulatan historis atas sebagian besar Laut China Selatan, tetapi tetangganya dan Amerika Serikat mengatakan klaim itu tidak memiliki dasar dalam hukum internasional, termasuk Konvensi PBB tentang Hukum Laut 1982 (UNCLOS), di mana China adalah pihak yang menandatanganinya.

Klaim Beijing tumpang tindih dengan zona ekonomi eksklusif (ZEE) Vietnam, Brunei, Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Taiwan.

Triliunan dolar dalam aliran perdagangan setiap tahun melalui jalur air strategis tersebut, yang juga berisi daerah penangkapan ikan yang kaya dan ladang gas.

Baca Juga: Takut? China Ketar-ketir Vietnam Kemakan Rayuan AS untuk Menghancurkannya

Wang juga mengatakan, kedua negara harus menghargai perdamaian dan stabilitas yang diraih dengan susah payah yang dicapai di Laut China Selatan dan waspada untuk melawan intervensi pasukan ekstrateritorial.

China diketahui tengahmenggandakan lebih dari dua kali lipat anggaran pertahanan resminya selama satu dekade terakhir menjadi 1,355 triliun yuan untuk tahun 2021.

Dan para analis memperkirakan bahwa mereka membelanjakan jauh lebih banyak untuk pertahanan daripada yang dilaporkannya secara publik.

Kekuatan militer China

Pada tahun 2017, Presiden China Xi Jinping mengumumkan targetnya untuk menjadikan Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) menjadi militer kelas dunia dengan kemampuan untuk berperang dan memenangkan perang global pada tahun 2049.

Baca Juga: Ogah Mundur 1 Inci pun, Kapal Perusak AS Makin Gahar Tantang China atas Konflik Laut China Selatan

Dan China tidak membuang waktu untuk meningkatkan persenjataan dan kemampuannya.

Selain pengeluaran militer langsung, China juga banyak berinvestasi di perusahaan pertahanan milik negara dan sektor swasta untuk memperoleh teknologi baru.

Ini menjadi alarm peringatan bagi Inggris dan AS tentang kebijaksanaan bermitra dengan lembaga-lembaga China.

Hasilnya, Angkatan Laut China sudah menjadi yang terbesar di dunia dengan memiliki 350 kapal dan kapal selam, termasuk lebih dari 130 kombatan permukaan utama.

Baca Juga: Viral Angsa Hitam di Tengah Kota Beijing, Kejadian Buruk Disebut Bakal Menerpa China Soal Perang di Laut China Selatan, Ada Apa?

Diperkirakan lima kapal induk akan mengapung pada tahun 2030 dan dengan cepat memperluas armada kapal perusaknya.

Angkatan Laut China juga telah mengembangkan rudal jelajah dan balistik presisi jarak jauh, radar peringatan dini dan sistem pertahanan udara untuk memungkinkannya mendominasi wilayah udara jauh ke Pasifik.

Baca Juga: Tak Perlu Bantuan AS Ataupun Sekutu, Indonesia Buktikan Mampu Buat Tiongkok Kicep Soal Konflik Laut China Selatan Dengan Cara Tak Terduga, Langsung Diakui Dunia!

Dan baru-baru ini meluncurkan senjata hipersonik yang dirancang untuk menghadapi kelompok kapal induk AS.

Semua ini telah membuat alarm berbunyi tidak hanya di ibu kota Barat, tetapi juga di Taiwan, Vietnam, dan Filipina, yang semuanya memiliki alasan untuk takut akan kekuatan maritim baru China yang sangat besar.

(*)

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : Reuters, intisari-online.com

Baca Lainnya