India Gabung Australia Asah Otot Militer di Laut China Selatan, Kompak Ingin Pecundangi China?

Sabtu, 04 September 2021 | 20:21
China Military

(Ilustrasi) Kapal China di Laut China Selatan.

Sosok.ID - Angkatan Laut India melakukan latihan bilateral maritim dengan Singapura di Laut Cina Selatan.

Mengutip India Today, Sabtu (4/9/2021), Angkatan Laut India melakukan latihan maritim dengan Angkatan Laut Republik Singapura (RSN) dari 2 Agustus hingga 4 Agustus di Laut Cina Selatan.

INS Ranvijay, INS Kiltan dan INS Kora berpartisipasi dalam latihan untuk Angkatan Laut India.

Edisi 28 dari Latihan Bilateral Maritim Singapura-India (SIMBEX) tiga hari di Laut Cina Selatan berakhir pada hari Sabtu.

Baca Juga: Saatnya Semesta Bersatu Hajar China, Hukum Kapal Asing di Laut China Selatan Picu Ketakutan 'Perang Dunia'

SIMBEX adalah latihan maritim bilateral terpanjang Angkatan Laut India dengan angkatan laut asing mana pun.

Kapal perusak rudal berpemandu INS Ranvijay dengan helikopter yang diangkut kapal, ASW Corvette INS Kiltan, korvet peluru kendali INS Kora dan satu pesawat patroli maritim jarak jauh P8I mewakili Angkatan Laut India dalam latihan bilateral.

Untuk Angkatan Laut Republik Singapura (RSN), satu Fregat Kelas Tangguh, RSS Steadfast diberangkatkan dengan helikopter angkatan laut S-70B, satu Korvet Rudal Kelas Kemenangan, RSS Vigour, satu Kapal Selam Kelas Pemanah, satu Pesawat Patroli Maritim Fokker-50, dan empat Pesawat tempur F-16 Angkatan Udara Republik Singapura (RSAF) juga ikut serta dalam latihan tersebut.

Baca Juga: Perang Dunia 3 Benar Terjadi di Laut China Selatan? 2 Negara Terdekat Tiongkok Ini Jadi Bukti Perkuat Militer HIngga Nekat Tingkatkan Utang Negara Sampai 50%

“Terlepas dari kendala ini selama tahap perencanaan, kedua angkatan laut dapat mencapai eksekusi yang mulus dan aman dari beberapa evolusi yang menantang," ujar pernyataan dari AL India.

"Termasuk penembakan senjata langsung dan serial perang angkatan laut canggih, termasuk latihan perang anti-kapal selam, anti-udara dan anti-permukaan."

"Skala dan kompleksitasnya dari latihan itu adalah kesaksian yang cukup untuk interoperabilitas yang dicapai antara kedua angkatan laut," pungkasnya.

Karena pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung, SIMBEX tahun ini direncanakan tanpa interaksi fisik sebagai latihan 'hanya di laut' yang diselenggarakan oleh RSN di pinggiran selatan Laut Cina Selatan.

Baca Juga: Minta Digebuk 1 Dunia, China dalam Waktu Kurang dari 24 Jam akan Berlakukan Aturan Ngawur di Laut China Selatan

Kedua angkatan laut memiliki perwakilan di pusat fusi informasi maritim masing-masing dan juga baru-baru ini menandatangani perjanjian tentang dukungan dan koordinasi penyelamatan kapal selam bersama.

Seperti diketahui, baik India maupun Singapura memiliki tensi terhadap China.

Australia menentang merebaknya pengaruh China di dunia, sementara India memiliki konflik dengan China atas perbatasan Ladakh.(*)

Editor : Rifka Amalia

Sumber : India Today

Baca Lainnya