Bisa Jadi Kiamat Bagi Penduduk Bumi, Inilah Kapal Selam Paling Mengerikan Milik Rusia yang Bisa Hancurkan Dunia Dalam Sekejap, Belgorod!

Selasa, 27 Juli 2021 | 19:11
navyrecognition

(ilustrasi) Bisa Jadi Kiamat Bagi Penduduk Bumi, Inilah Kapal Selam Paling Mengerikan Milik Rusia yang Bisa Hancurkan Dunia Dalam Sekejap, Belgorod!

Sosok.ID - Perang dunia ketiga memang sudah diprediksi sejak lama bisa memicu jadi kiamant bagi bumi karena pemakaian senjata pemusnah massal.

Senjata-senjata canggih tersebut dikatakan oleh banyak pakar bisa jadi pemicu rusaknya tatanan bumi bila dipakai untuk perang.

Salah satunya adalah senjata nuklir yang dimiliki oleh negara dengan kekuatan militer besar seperti Rusia.

Baru-baru ini, kapal selam bertenaga nuklir Proyek 09852 Rusia, Belgorod jadi sorotan karena disebut bawa senjata cukup mengerikan.

Baca Juga: Indonesia Harus Makin Waspada, Inggris Disebut Bakal Kembali Buat Koloni Seperti Saat Perang Dunia 1 dan 2 di Asia, Ini Buktinya!

Hal itu bermula saat Belgorod kembali usai melakukan uji coba laut perdana, sumber di industri pembuatan kapal selam mengatakan kepada TASS pada Senin (26 Juli).

“Pada 24 Juli, kapal selam bertenaga nuklir Belgorod kembali dari penempatan pertamanya ke Laut Putih untuk uji coba pembuat kapal selam. Uji coba kedua di laut dijadwalkan untuk beberapa hari mendatang,” kata sumber itu.

Kapal selam tujuan khusus Belgorod akan beralih ke uji coba negara setelah uji coba laut pembuat kapal selam selesai.

Targetnya, pada akhir 2021, kapal selam itu akan bergabung denga Angkatan Laut Rusia.

Baca Juga: Menhan Prabowo Harus Pikir Ulang Beli Jet Tempur AS, Pesawat Perang dari Negeri Paman Sam Ternyata Tak Berkutik Lawan Senjata Baru Rusia, Klaim Bisa Menang 1 vs 6!

Sumber TASS yang dekat dengan Kementerian Pertahanan Rusia sebelumnya menyebutkan, kapal selam bertenaga nuklir Belgorod akan beroperasi di Samudra Pasifik setelah uji coba negara rampung dan bergabung di Angkatan Laut Rusia.

Kapal selam Project 09852 bakal menjadi kapal induk pertama untuk drone bawah air bersenjata nuklir Poseidon.

Rusia membuat Poseidon, drone berbentuk seperti torpedo raksasa, untuk membawa hulu ledak nuklir seberat hingga dua megaton.

Analis senjata menyebutnya sebagai "senjata nuklir hari kiamat".

Baca Juga: Kejadian Hiroshima dan Nagasaki Bakal Terulang Lagi? China Siapkan Bom Nuklir Untuk Lenyapkan Jepang dari Peta: Kami Akan Gunakan Bom Nuklir

Menciptakan gelombang tsunami

Mendapat dukungan reaktor nuklir kecil, Poseidon memiliki jangkauan 10.000 kilometer untuk mengarungi lautan dunia.

Meluncur dari Laut Barents atau perairan lain di Kutub Utara, drone bawah air tersebut bisa melintasi Atlantik Utara.

Jika diledakkan di lepas pantai timur Amerika Serikat (AS), hulu ledak nuklir yang Poseidon bawa bisa menciptakan gelombang tsunami setinggi puluhan meter di samping kerusakan yang disebabkan oleh ledakan nuklir itu sendiri.

Maret 2019, Presiden Rusia Vladimir Putin mengonfirmasi keberadaan drone bawah air raksasa.

Baca Juga: Perang Dunia 3 Telah Dimulai? Kepala Intelijen Ini Ungkap Pergerakan Mata-mata Rusia dan China yang Disebut Bak Teroris: Menebar perselisihan dan Menyerang...

Poseidon adalah salah satu dari enam senjata nuklir strategis baru negeri beruang merah.

Putin mengungkapkan, Poseidon dilengkapi dengan muatan konvensional dan nuklir serta bisa menghancurkan fasilitas infrastruktur musuh, kapal induk, dan target lainnya.

Pada Juli 2019, Departemen Pertahanan Rusia merilis sebuah video yang menunjukkan fasilitas tempat drone itu dirakit, dan sebuah film animasi yang menunjukkan bagaimana drone digunakan dalam situasi perang yang sebenarnya.

Baca Juga: Tiongkok Makin Nekat, Indonesia Harus Waspada Gegara Program Militer Rahasia Beijing Pernah Jangkau Dekat Sulawesi yang Berbatasan Dengan Laut China Selatan

Dengan kemampuan Poseidon yang bisa menyelam dalam, Rusia dapat melawan sistem pertahanan rudal AS dan memastikan pencegahan dengan kemampuan serangan kedua.

Rencananya, Rusia mengerahkan 16 drone Poseidon pada gugus tugas tempur Armada Utara.

Dua kapal selam tujuan khusus, Belgorod dan Khabarovsk, akan membawa Poseidon.

(*)

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : Kontan.co.id, TASS

Baca Lainnya