PLA China Genjot Tentaranya di Pegunungan Demi Menang Perang, Senjata hingga Taktik Mati-matian 'Dibakar'

Senin, 12 Juli 2021 | 20:39
Foto: Militer China

Howitzer yang dipasang di kendaraan yang terpasang pada detasemen artileri dengan resimen senjata gabungan di bawah Tentara PLA menembakkan peluru peledak tinggi ke target jarak jauh tiruan selama latihan tembakan langsung di wilayah yang tidak berpenghuni pada pertengahan Juni 2021. Latihan ini berfokus pada item pelatihan semacam itu seperti pengawasan otonom, pengurangan kru, mobilisasi bermotor.

Sosok.ID - Tentara dan Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) baru-baru ini mengadakan latihan intensif di daerah dataran tinggi di China Barat Laut.

PLA menguji banyak senjata dan peralatan baru serta taktik penyebaran canggih.

Dilansir dari Global Times, analis mengatakan pada hari Minggu (10/7/2021) bahwa latihan menunjukkan gigi baru siap tempur dan bala bantuan dapat mencapai garis depan dengan cepat dalam misi reaksi cepat.

China Central Television (CCTV) melaporkan pada hari Minggu bahwa jauh di Pegunungan Karakorum pada ketinggian lebih dari 4.500 meter, sebuah unit artileri di bawah brigade yang melekat pada Komando Militer PLA Xinjiang baru-baru ini mengadakan pemeriksaan penembakan langsung dengan sistem peluncur roket multipel self-propelled PHL-11 yang baru ditugaskan, sebagai roket secara akurat menghujani target mereka.

Baca Juga: Perang Hampir Saja Terjadi di Laut China Selatan, Detik-detik Ketegangan Kapal Tempur AS dengan Tiongkok Terjadi, Nama Indonesia dan Negara-negara Tetangga Ikut Terseret

Sebuah brigade senjata gabungan yang melekat pada Komando Militer Xinjiang baru-baru ini menguji howitzer self-propelled PCL-161 yang baru saja memasuki layanan dalam latihan tembakan langsung juga di Pegunungan Karakorum, pada ketinggian lebih dari 5.000 meter, kata laporan CCTV terpisah di hari Sabtu.

Brigade Komando Militer Xinjiang lainnya menembakkan sistem peluncur roket jarak jauh ganda PHL-03 dalam latihan baru-baru ini di wilayah dataran tinggi bersalju dan mensimulasikan menghilangkan kelompok lapis baja dan posisi artileri yang bermusuhan.

Senjata dan peralatan yang ditampilkan dalam latihan ini adalah beberapa yang baru ditugaskan yang diliput dalam laporan media resmi pada bulan Mei.

Baca Juga: Jet Tempur Uzur Milik China Terbang di Wilayah Taiwan, Tiongkok Disebut-sebut Jajal Kekuatan Pertahanan Udara Taipei, Serangan Militer Diduga Makin Dekat?

Ahli militer China yang enggan namanya disebut mengatakan, keterlibatan mereka dalam latihan tembakan langsung menunjukkan bahwa mereka telah menghasilkan kemampuan tempur dengan cepat dalam dua bulan terakhir.

Pasukan Grup ke-81 dari Komando Teater Pusat dan Pasukan Grup ke-72 dari Komando Teater Timur juga mengirim pasukan ke daerah dataran tinggi dan gurun untuk latihan, membawa howitzer, rudal pertahanan udara, drone dan kendaraan pengintai bersama mereka.

Sebuah brigade pasukan udara dari Angkatan Udara PLA baru-baru ini melakukan pelatihan parasut di wilayah dataran tinggi barat laut dengan pesawat angkut taktis Y-8, menggunakan kit parasut dan masker oksigen yang baru dikembangkan, menurut laporan CCTV lain pada hari Minggu.

Baca Juga: Mimpi Buruk Nelayan Filipina Setelah Milisi Beijing Tabrak Kapal di ZEE Laut China Selatan, Sosok Randy Megu: Saya Sangat Takut..

Pesawat-pesawat tempur Angkatan Udara Komando Teater Barat PLA juga mempraktikkan penyebaran darurat di lapangan terbang yang aneh.

Karena unit darat dengan cepat bermanuver dan ditempatkan ke lapangan terbang melalui jalan raya, kereta api, dan pengangkutan udara oleh pesawat angkut strategis Y-20, memberikan dukungan kepada pesawat tempur multiperan J-16 jet, media melaporkan akhir pekan ini.

Pakar mengatakan, latihan ini menunjukkan bahwa PLA dapat mengerahkan pasukan dan pesawat tempur dari lokasi lain ke garis depan dengan sangat cepat dalam misi reaksi cepat ketika situasi muncul. (*)

Editor : Rifka Amalia

Sumber : Global Times

Baca Lainnya