Pantas Mati-matian Ingin AS Terkencing-kencing, Modernisasi Militer China Diduga Buah Penghinaan Tahun 1996, Apa Yang Terjadi?

Minggu, 18 April 2021 | 19:02
(eng.chinamil.com.cn/ Foto oleh Feng Cheng)

Militer China

Sosok.ID - Persaingan jangka panjang antara China dan Amerika Serikat, termasuk konfrontasi selama puluhan tahun atas Taiwan, telah menjadi kekuatan pendorong untuk modernisasi Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA).

Modernisasi ini termasuk pembangunan armada angkatan laut yang canggih dan pengembangan sistem navigasi satelit global, kata pengamat.

Disadur Sosok.ID dari South China Morning Post, Minggu (18/4/2021), Beijing telah lama menyadari bahwa musuh utamanya adalah AS yang berkomitmen untuk membela Taiwan.

Mengapa modernisasi militer China diduga didorong oleh 'penghinaan' pada tahun 1996?

Baca Juga: Gunakan Taktik Licik, Tiongkok Bentuk Ribuan Pasukan Rahasia Demi Rebut Laut China Selatan, Vietnam dan Filipina Kena Imbas, Indonesia Bagaimana?

Gangguan yang disengaja pada GPS Amerika dianggap menjadi alasan PLA 'kehilangan' dua rudal selama uji tembak 25 tahun yang lalu, dan Beijing bertekad untuk tidak pernah membiarkannya terjadi lagi.

Uji coba rudal di Selat Taiwan pada tahun 1996, telah meningkatkan kebutuhan China untuk memodernisasi angkatan lautnya dan belajar dari musuhnya.

“China tidak hanya ingin mempersempit kesenjangan dengan AS, tetapi juga memanfaatkan keuntungan yang terlambat untuk berkonsentrasi pada pengembangan senjata generasi berikutnya,” kata Lu Li-Shih, mantan instruktur di Akademi Angkatan Laut Taiwan di Kaohsiung.

"Sebagai orang yang terlambat, Beijing telah menyadari kebutuhan untuk fokus pada pengembangan teknologi senjata generasi berikutnya," katanya.

Baca Juga: Sebut Limbah Nuklir Buangan Aman Diminum, Menkeu Jepang Ditantang Minum Air Limbah PLTN Fukushima: Jepang Tak Boleh Melupakan Tragedi Sejarah!

"Tujuan akhir PLA tidak hanya untuk memahami strategi dan taktik pertempuran AS, tetapi juga untuk menghindari membiarkan saingannya mendapatkan wawasan tentang rencananya."

China diketahui menganggap Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya dan tidak mengesampingkan penggunaan kekuatan/kekerasan untuk "menyatukan kembali" wilayah itu.

Sementara Beijing telah mempersiapkan selama beberapa dekade untuk kemungkinan harus menggunakan militernya untuk "merebut kembali" Taiwan, itu mengalami kemunduran pada tahun 1996.

Pada tahun itu, AS mengirim armada angkatan laut ke Selat Taiwan saat China melakukan uji coba rudal di perairan dekat pangkalan militer Keelung Taiwan.

Baca Juga: Indonesia Hati-hati, Asia Tenggara Berpotensi Terseret Perang China, Pyne: Bukan Dunia Maya, Tapi Perang Nyata yang Hilangkan Nyawa!

Selama pengujian, dua rudal PLA menghilang dari sistem pelacakan dan ada dugaan kesalahan itu disebabkan oleh militer AS yang sengaja mengganggu Sistem Penentuan Posisi Global (GPS).

Sumber militer mengatakan penghinaan yang disebabkan oleh insiden itu menjadi kekuatan pendorong bagi Beijing untuk mengembangkan sistem navigasi satelitnya sendiri - Beidou - yang diselesaikan dengan peluncuran penyelidikan terakhirnya pada Juni tahun lalu.

PLA sekarang dapat menggunakan sistem tersebut untuk panduan rudal tanpa takut diganggu oleh musuh.

Selain Beidou, modernisasi militer China telah menyaksikan perkembangan program luar angkasa, pesawat generasi mendatang, kapal perang, rudal hipersonik, dan drone.

Baca Juga: Laut China Selatan dalam Bahaya, Filipina dan AS Gencar Persiapan Turun Perang Buntut Provokasi Kapal China

Angkatan Laut PLA adalah yang terbesar kedua di dunia setelah AS. Ini memiliki sekitar 350 kapal dan kapal selam, termasuk lebih dari 130 kombatan permukaan utama. Angkatan Laut AS memiliki 293 kapal.

China memiliki dua kapal induk yang ditugaskan, yakni Liaoning dan Shandong. Keduanya didasarkan pada kapal kelas Kuznetsov era Soviet.

Awalnya dilengkapi dengan lebih dari 10 sistem rudal anti-kapal angkatan laut P-700 Granit, rudal tersebut dilucuti untuk memberi ruang bagi lebih banyak pesawat.

Andrei Chang, pemimpin redaksi Kanwa Defense Review yang berbasis di Kanada, mengatakan ini karena PLA memutuskan untuk belajar dari AS.

Baca Juga: Agresi China-Taiwan, Gedung Putih Soroti Kemungkinan Baku Hantam: Kekhawatiran Kami Makin Besar..

“Saat ini, kapal induk Liaoning dan Shandong hanyalah platform lepas landas dan pendaratan pesawat murni seperti kapal induk AS, tetapi desain asli kapal kelas Kuznetsov adalah kapal penjelajah dengan kemampuan serangan laut-ke-laut dan laut-ke-udara yang kuat,” katanya.

Ketegangan di Taiwan terus berlanjut sejak Presiden AS Joe Biden menjabat.

Pada hari Senin, 25 pesawat PLA terbang ke zona identifikasi pertahanan udara Taiwan, yang menurut Taipei merupakan serangan terbesar yang pernah tercatat. Pada 7 April, kapal perusak berpeluru kendali Angkatan Laut AS USS John S.

McCain berlayar melalui Selat Taiwan hanya beberapa jam setelah jet mata-mata Ep-3E Angkatan Udara AS melakukan penerbangan pengintaian selama dua jam di daerah di mana Selat Taiwan bertemu dengan Laut Cina Selatan.

Baca Juga: Menuju Perang, Kapal Induk Shandong China akan Diturunkan ke Laut Lepas, Uji Cobanya bahkan Tewaskan Pilot Jet Tempur J-15

Pada bulan Maret, kapal perusak berpeluru kendali kelas Arleigh Burke USS John Finn, bagian dari USS Theodore Roosevelt Carrier Strike Group dalam armada ketujuh yang beroperasi di Pasifik, melakukan transit yang sama di Selat Taiwan.

Lu mengatakan manuver tersebut memberikan kesempatan bagi kedua militer untuk belajar dari satu sama lain.

"Baik militer AS dan PLA menggunakan konfrontasi sebagai pelatihan rutin, karena mereka mencoba untuk menguji garis dasar satu sama lain dan kekuatan tempur yang sesungguhnya," katanya.

"PLA membutuhkan keterlibatan seperti itu untuk membantu mereka menemukan norma operasi bersama mereka sendiri."

Baca Juga: Taiwan Menggertak Tembak Jatuh Drone China di Laut China Selatan: Jika Perlu Melepas Tembakan, Kami Lepaskan!

Song Zhongping, mantan instruktur PLA, mengatakan keterlibatan antara PLA dan militer AS di Selat Taiwan dapat dilihat sebagai cerminan dari persaingan teknologi dan militer kedua negara.

"Amerika lebih menekan China, tidak hanya atas masalah Taiwan, tetapi juga di sengketa teritorial Laut China Selatan, Xinjiang dan wilayah lainnya, mendorong PLA untuk memperkuat kemampuan militernya," katanya.

"PLA akan menggunakan cara yang paling efisien dan termurah untuk menyelesaikan masalah Taiwan, dan biaya itu akan berkurang karena PLA menjadi angkatan bersenjata modern yang siap tempur."

Baca Juga: Meski Harus Mati di Tangan China, Taiwan Bertekad sampai Titik Darah Penghabisan: Kami akan Berperang Jika Kami Perlu Berperang!

Andy Tian, presiden lembaga pemikir Global Governance Institute di Beijing, mengatakan promosi AS atas pengembangan teknologi dan militernya telah memberi China model untuk diikuti.

Persaingan China dengan AS terus mendorong PLA untuk memeriksa kembali metode dan arah modernisasi militernya. (*)

Editor : Rifka Amalia

Sumber : South China Morning Post

Baca Lainnya