Myanmar Rangkul Senjata Rusia untuk Pecundangi China, Terbukti dari Rekaman Kudeta

Rabu, 10 Februari 2021 | 08:15
Xinhuanet

Xi Jinping Dituduh Dukung Upaya Kudeta Myanmar, China Meradang

Sosok.ID - Konvoi militer yang terekam kamera televisi pada dini hari kudeta terbaru Myanmar mengungkap hubungan yang semakin dalam antara militer negara itu dan "teman setia" mereka, Moskow.

Dikutip dari Nikkei Asia, banyak kendaraan lapis baja ringan di jalanan Myanmar yang dibuat di Rusia.

Impor ini termasuk di antara daftar pasokan yang terus bertambah yang telah memperdalam hubungan antara lembaga pertahanan Moskow dan militer Myanmar, kata para peneliti di Institut Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm.

Pada 2019, tahun terbaru di mana datanya telah diterbitkan, tagihan Myanmar untuk aset militer Rusia berjumlah sekitar $ 807 juta selama satu dekade, menurut institut tersebut.

Baca Juga: Kirimkan Pasukan Perdamaian PBB, Ribuan Rakyat Myanmar Menuntut Aung San Suu Kyi Dibebaskan

Kendaraan Rusia yang digunakan pada pagi hari setelah kudeta 1 Februari "hanya bisa dikirim baru-baru ini" - dalam dua hingga tiga tahun - tetapi "belum didokumentasikan" dalam sumber resmi Myanmar, kata Siemon Wezeman, seorang peneliti senior di lembaga pemikir Swedia, yang melacak tren global dalam belanja senjata dan militer.

Para diplomat Asia yang diposting hingga baru-baru ini di Myanmar menunjukkan sedikit kejutan pada cap Rusia pada kudeta militer ketiga negara Asia Tenggara itu.

Mereka kepada Nikkei Asia, dikutip Sosok.ID memberi tahu bahwa Jenderal Senior Min Aung Hlaing, komandan militer dan kepala junta, telah membina hubungan pertahanan dengan Moskow selama dekade terakhir untuk menghindari ketergantungan pada China, tetangga raksasa Myanmar dan pemasok senjata terbesar.

Baca Juga: Junta Militer Myanmar Takut Pada Sosmed, Blokir Rakyatnya Main Internet

Tatmadaw, sebutan untuk militer Myanmar, telah mengejar strategi Rusia untuk memperluas pilihan pertahanan dan diplomatiknya, kata seorang diplomat Asia Tenggara.

"Dalam hal hubungan militer, Tatmadaw tampaknya memiliki hubungan yang lebih baik dengan Rusia," kata diplomat itu.

"Secara diplomatis, itu diuntungkan dari pemegang hak veto Rusia di Dewan Keamanan (Perserikatan Bangsa-Bangsa)."

Hubungan Moskow telah disorot pada hari-hari seputar kudeta. Rusia melenturkan kekuatan diplomatiknya dengan China untuk melindungi junta Myanmar dari teguran internasional, memblokir kecaman atas kudeta oleh Dewan Keamanan PBB.

Baca Juga: Malaysia Ajak Indonesia Serta ASEAN Tanggapi Kudeta Junta Militer Myanmar

Beberapa hari sebelum kudeta, Menteri Pertahanan Rusia Jenderal Sergei Shoigu mengunjungi Myanmar untuk menyelesaikan kesepakatan pasokan senjata baru: sistem rudal permukaan-ke-udara Pantsir-S1, drone pengintai Orlan-10E, dan peralatan radar.

"Layaknya teman setia, Rusia selalu mendukung Myanmar di saat-saat sulit, terutama dalam empat tahun terakhir," kata Min Aung Hlaing yang dikutip media Rusia saat kunjungan menteri.

Media yang berbasis di Myanmar mencatat hubungan erat antara kedua jenderal pada malam kudeta.

Min Aung Hlaing dilaporkan telah mengunjungi Rusia enam kali, termasuk Juni lalu untuk menandai Hari Kemenangan tahunan ke-75 di negara itu, yang memperingati kekalahan Nazi Jerman dalam Perang Dunia II.

Baca Juga: Asyik Aerobik Pakai Lagu 'Ampun Bang Jago' padahal Militer di Videonya Sibuk Gulingkan Pemerintahan, Wanita Ini Ngaku Tak Tahu Myanmar Sedang Kudeta

Kudeta tersebut mencegah Liga Nasional untuk Demokrasi Aung San Suu Kyi, partai politik paling populer di Myanmar, untuk menjalankan masa jabatan keduanya setelah menang telak dalam pemilihan umum November.

Kekalahan partai pro-militer pada pemungutan suara mendorong Min Aung Hlaing untuk mempertanyakan hasil secara terbuka, memberikan petunjuk awal tentang intervensi militer untuk membatalkan mandat NLD.

Analis militer Myanmar mengatakan giliran Min Aung Hlaing ke Rusia untuk mendapatkan aset mengikuti arahan baru yang dia berikan kepada Tatmadaw ketika negara, yang sebelumnya bernama Burma, memulai transisi tentatifnya menuju demokrasi pada 2011 setelah 50 tahun pemerintahan militer yang menindas.

Dia berusaha mengubah militer menjadi "tentara standar" dari warisannya sebagai kekuatan kontra pemberontakan yang telah memerangi kelompok pemberontak etnis separatis.

Baca Juga: Xi Jinping Dituduh Dukung Upaya Kudeta Myanmar, China Meradang

"Para pemimpin Tatmadaw sudah lama ingin meningkatkan angkatan bersenjata, tetapi proses modernisasi mulai dipercepat secara signifikan sejak 2011 dan seterusnya," tulis Nay Yan Oo, seorang analis yang berbasis di Yangon, dalam "A New Tatmadaw With Old Characteristics," sebuah bab di sebuah buku terbaru tentang tentara Myanmar dan Thailand.

"Kepemimpinan baru mendorong Tatmadaw kembali ke bidang pertahanan ... (dengan) reformasi Standar Angkatan Darat yang terdiri dari ... modernisasi militer, pembangunan kapasitas, dan keterlibatan aktif militer-ke-militer."

China menyumbang 50% dari impor senjata utama Myanmar dari 2014 hingga 2019, termasuk kapal perang, pesawat tempur, drone bersenjata, kendaraan lapis baja dan sistem pertahanan udara, kata Wezeman dari institut perdamaian Stockholm.

Rusia memasok 17% dari impor militer, "terutama dalam bentuk pesawat tempur dan helikopter tempur."

Baca Juga: Negaranya Tetanggaan, Kudeta Militer di Myanmar Disebut Gegara Ulah China? Begini Penjelasan Tiongkok!

Database institut tersebut mengkonfirmasi bahwa tagihan senjata Myanmar untuk 2010-19 mencapai $ 2,4 miliar, termasuk $ 1,3 miliar untuk senjata yang dipasok oleh China dan $ 807 juta dari Rusia.

Pesawat tempur Rusia di antara aset militer baru Myanmar adalah MiG-29, SDu-30MK dan JF-17 serta pesawat latih K-8, Yak-130 dan G 120TP.

Akar perdagangan senjata Myanmar-Rusia berasal dari kerja sama militer-teknis yang dimulai pada tahun 2001, ketika Myanmar berada di bawah cengkeraman orang kuat sebelumnya, Jenderal Senior Than Shwe. Kemudian muncul perjanjian kerja sama militer 2016.

Hal ini membuka jalan bagi ribuan perwira militer Myanmar untuk mendapatkan pelatihan di bidang sains dan teknik tingkat lanjut di Rusia - mencapai lebih dari 6.000 pada tahun 2019.

Baca Juga: Alasan Muslim Rohingya Rayakan Penangkapan Aung San Suu Kyi: Dia Orang yang Mendukung Genosida

Sebuah dokumenter baru-baru ini yang disiarkan oleh jaringan televisi Kementerian Pertahanan Rusia dengan restu Tatmadaw "mengungkapkan bahwa banyak Personel militer Burma fasih berbahasa Rusia, "catat Nay Yan Oo.

Aliansi mendalam Min Aung Hlaing dengan Rusia - untuk mengimbangi pengaruh China - belum hilang dari akademisi Myanmar yang mengkhususkan diri dalam urusan militer.

Para akademisi, yang tidak mau disebutkan namanya, menelusuri peralihan ini ke sejarah militer China-Myanmar yang tegang hingga akhir 1980-an, peran Beijing dalam konflik etnis yang sedang berlangsung di sepanjang perbatasan Myanmar-China, dan perangkat keras militer buatan China yang rusak.

"Tidak seperti China, Rusia tidak memainkan peran dalam proses perdamaian (etnis Myanmar), juga tidak memiliki investasi ekstensif di (negara)," kata seorang akademisi.

Baca Juga: Alasan Muslim Rohingya Rayakan Penangkapan Aung San Suu Kyi: Dia Orang yang Mendukung Genosida

"Kurangnya minat geostrategis Rusia membuatnya menjadi mitra yang menarik."

Seorang diplomat Asia setuju. Dia menganggap bahwa Min Aung Hlaing masih kesal dengan laporan jalur pasokan senjata China ke benteng pasukan pemberontak etnis yang telah ditargetkan Tatmadaw di sepanjang perbatasan timur Myanmar.

Mereka termasuk roket permukaan-ke-permukaan 107-mm buatan China dan rudal permukaan-ke-udara.

"Min Aung Hlaing secara pribadi tidak percaya pada orang China," kata diplomat itu. "Hanya China yang menghadirkan ancaman eksistensial ke Myanmar - bukan Rusia." (*)

Editor : Rifka Amalia

Sumber : Nikkei Asian Review

Baca Lainnya