Hubungan AS-Palestina Dibawah Joe Biden, Jutaan Dolar Bantuan yang Dipotong Trump Dikembalikan hingga Solusi Konflik Israel

Kamis, 28 Januari 2021 | 08:15
Instagram @joebiden

Presidien terpilih Amerika Serikat, Joe Biden.

Sosok.ID - Pemerintahan Biden hari Selasa (26/1/2021) mengumumkan bahwa mereka memperbarui hubungan AS dengan kepemimpinan Palestina.

Dikutip dari The Times of Israel, AS berupaya memulihkan "keterlibatan yang kredibel" dengan Palestina, karena bekerja menuju solusi dua negara untuk konflik Israel-Palestina.

"Di bawah pemerintahan baru, kebijakan Amerika Serikat akan mendukung solusi dua negara yang disepakati bersama, di mana Israel hidup dalam perdamaian dan keamanan bersama dengan negara Palestina yang layak," kata Richard Mills, penjabat duta besar AS untuk PBB.

"Untuk memajukan tujuan ini, pemerintahan Biden akan memulihkan keterlibatan AS yang kredibel dengan Palestina serta Israel," katanya.

Baca Juga: Bak Tantang Joe Biden, Xi Jinping Gelorakan Ancaman 'Perang Dingin Baru': Dunia Ini Terpecah dan Penuh Konfrontasi!

"Ini akan melibatkan pembaruan hubungan AS dengan kepemimpinan Palestina dan rakyat Palestina."

Dalam pernyataan publik besar pertama tentang konflik Israel-Palestina oleh seorang pejabat dari pemerintahan Biden, Mills menetapkan bahwa Washington akan membuka kembali kantor diplomatik yang melayani Palestina dan mengembalikan alokasi bantuan besar untuk Palestina - membalikkan kebijakan administrasi Trump.

“Presiden Biden telah menjelaskan dengan jelas bahwa dia bermaksud untuk memulihkan program bantuan AS yang mendukung program pembangunan ekonomi dan bantuan kemanusiaan kepada rakyat Palestina"

"Serta mengambil langkah untuk membuka kembali hubungan diplomatik yang ditutup oleh pemerintahan AS terakhir,” kata Mills.

Baca Juga: Rombongan Kapal Perang AS Riwa-riwi di Laut China Selatan Saat Taiwan Diserang Angkatan Udara China, Joe Biden Sungut Emosi Xi Jinping!

Mantan presiden AS Donald Trump menutup misi diplomatik Organisasi Pembebasan Palestina di Washington pada tahun 2018.

Dengan latar belakang boikot Otoritas Palestina terhadap pemerintahannya menyusul pengakuan AS atas Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Pada 2019, pemerintahan Trump menutup konsulat AS di Yerusalem, yang berfungsi sebagai kedutaan de-facto untuk Palestina di Yerusalem Timur, Tepi Barat, dan Gaza.

Misi tersebut dilipat ke kedutaan AS untuk Israel di Yerusalem dan posisi konsulat jenderal sebelumnya dibubarkan.

Baca Juga: Ogah Datangi Pelantikan Presiden Baru, Donald Trump Bisa Buat AS Dalam Masalah Besar Gegara Tak Mau Berikan Benda Pemicu Perang Dunia Ini pada Joe Biden

Presiden AS Joe Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris berjanji selama kampanye untuk membuka kembali kedua misi tersebut, tetapi mereka tidak merinci bagaimana mereka berencana untuk melakukannya.

Pembukaan kembali misi PLO di Washington akan melanggar undang-undang Kongres yang memerintahkan penutupannya jika Palestina mengajukan gugatan terhadap Israel di ICC, yang mereka lakukan pada tahun 2017.

Pembukaan kembali konsulat di Yerusalem akan memerlukan izin dari pemerintah Israel, yaitu tidak diharapkan untuk mendukung langkah yang secara efektif menunjuk kembali Tepi Barat sebagai entitas terpisah dari Israel.

Baca Juga: Jika Israel Serang Wilayah Palestina, Maka Hizbullah Akan Membalas

Dalam sambutannya pada pertemuan bulanan Dewan Keamanan tentang konflik Israel-Palestina, Mills mengatakan kebijakan pemerintahan Biden "akan mendukung solusi dua negara yang disepakati bersama, di mana Israel hidup dalam perdamaian dan keamanan, di samping negara Palestina yang layak. ”

Mills mengatakan perdamaian tidak dapat diterapkan di kedua sisi dan menekankan bahwa kemajuan dan solusi akhir membutuhkan partisipasi dan persetujuan dari Israel dan Palestina.

Selain membuka kembali misi diplomatik, Mills mengatakan AS akan mengembalikan jutaan dolar bantuan Palestina, yang dipotong di bawah Trump setelah Palestina menolak untuk terlibat dengan upaya perdamaian AS.

Baca Juga: Bayi Palestina dan Kedua Orang Tuanya Dibakar dalam Aksi Balas Dendam Warga Israel, Keluarga Korban: Hukuman Tak Akan Kembalikan Nyawa

Rencana perdamaian Trump yang diresmikan oleh pemerintah pada awal 2020 membayangkan Israel mencaplok semua permukimannya di Tepi Barat - bukan permulaan bagi Ramallah.

“Kami tidak melihat langkah-langkah ini sebagai bantuan kepada kepemimpinan Palestina. Bantuan AS bermanfaat bagi jutaan warga Palestina biasa dan membantu melestarikan lingkungan stabil yang menguntungkan Palestina dan Israel, ”kata Mills.

"Pada saat yang sama, saya harus menjelaskan, AS akan mempertahankan dukungannya yang teguh untuk Israel," lanjut penjabat duta besar itu.

"Di bawah Pemerintahan Biden, Amerika Serikat akan melanjutkan kebijakan lama menentang resolusi sepihak dan tindakan lain dalam badan internasional yang secara tidak adil memilih Israel."

Baca Juga: Israel bak Diciptakan dari Bercak-bercak Darah Manusia, Inilah Serentetan Aksi Agen Mossad Basmi Musuh dengan Cara Paling Keji dan Mematikan

Mills mengatakan AS akan mendesak negara-negara untuk mengikuti jalan Uni Emirat Arab, Bahrain, Sudan dan Maroko, yang menormalisasi hubungan dengan Israel atas perintah pemerintahan Trump.

Namun, diplomat AS itu mengklarifikasi bahwa perjanjian semacam itu "bukan pengganti perdamaian Israel-Palestina."

Menandai kembalinya kebijakan tradisional AS sebelum Trump, yang menentang ekspansi Israel di Tepi Barat, Mills meminta pihak-pihak untuk menghindari langkah-langkah sepihak seperti pembangunan pemukiman, aneksasi, dan penghancuran rumah oleh Israel dan hasutan untuk melakukan kekerasan dan pembayaran kepada tahanan keamanan oleh orang Palestina. (*)

Editor : Rifka Amalia

Sumber : The Times of Israel

Baca Lainnya