Selalu Ada Tumpah Darah sebelum Kemerdekaan, Taiwan Nekat Gencarkan Latihan Militer Saat AS Disanksi China, Tembakan Batalion dan Pengawasan Medan Perang Ditingkatkan

Rabu, 20 Januari 2021 | 13:00
Xinhua

Foto: Pasukan militer China (PLA) telah meningkatkan kesiapan tempurnya sejak 2012 sejak Xi Jinping menjabat tahun 2012.

Sosok.ID - Hubungan antara Amerika Serikat (AS) dan China, memanas karena hubungan Negeri Paman Sam dengan Taiwan.

China bahkan melontarkan sanksi untuk AS di tengah ketegangan yang sudah meninggi.

Meski demikian Taiwan tetap menggencarkan mengasah kemampuan militernya untuk persiapan menghadapi medan perang yang sesungguhnya.

Dikutip Sosok.ID dari Anadolu Agency, Taiwan pada hari Selasa (19/1/2021) mengadakan latihan militer yang bertujuan untuk menangkis serangan dari China yang mengklaim pulau itu sebagai provinsi yang memisahkan diri.

Baca Juga: Indonesia Harus Waspada! Tiongkok Disebut Bakal Mulai Perang Dunia III di Laut China Selatan Dimulai dari Serangan ke Taiwan, Ini Buktinya!

"Brigade Lapis Baja ke-584 melakukan latihan dengan Batalyon Senjata Gabungan yang baru dibentuk beraksi!," kata Kementerian Pertahanan dalam sebuah pernyataan dengan tagar #ROCArmedForces dan #Protectourcountry.

Situs web Taiwan News mengatakan, para tentara selama latihan yang diadakan di Kotapraja Hukou Hsinchu, "meniru serangan China di Bandara Internasional Taoyuan menjelang Tahun Baru Imlek."

"Tujuan dari latihan itu adalah untuk mengasah kemampuan tembakan penekan batalion, kemampuan pengawasan medan perang, dan keterampilan pertahanan," katanya mengutip pernyataan prajurit Taiwan.

"Tentara berlatih menghancurkan senjata anti-lapis baja musuh, koordinasi serangan udara, dan manuver ofensif kendaraan lapis baja."

Baca Juga: Tantang Perang China, Dua Kapal Perang US Navy Siaga di Taiwan

Dalam beberapa pekan terakhir, Taipei mengeluhkan pesawat China yang terbang melintasi Selat Taiwan, mengklaim itu sebagai pelanggaran wilayah udara.

Sementara itu, Washington telah meningkatkan dukungan untuk Taiwan di tengah hubungan yang memburuk dengan Beijing.

Hal ini termasuk penjualan senjata, kunjungan pejabat tinggi dan diakhirinya pembatasan pertukaran antara pejabat AS dan Taiwan.

Baca Juga: AS Jangan Sombong,China Sudah Punya Pembom Jet dan Rudal Super Hipersonik Penanda Militer PLA menuju Lebih Kuat dari Amerika

Pejabat AS disanksi China

Pada hari Senin (18/1/2021), Beijing mengatakan akan memberikan sanksi kepada pejabat AS "yang telah berperilaku buruk terhadap Taiwan".

"Karena tindakan yang salah dari Amerika Serikat, China telah memutuskan untuk menjatuhkan sanksi kepada pejabat AS yang bertanggung jawab yang telah terlibat dalam perilaku buruk dalam masalah Taiwan," kata Hua Chunying, juru bicara Kementerian Luar Negeri China, dikutip dari Aljazeera.com.

Hua Chunying tidak merinci nama pejabat AS yang terkena sanksi dan bagaimana sifat sanksi tersebut.

Namun bagi Presiden China Xi Jinping, menyatukan kembali Taiwan dengan China daratan adalah masalah warisan.

Baca Juga: Sampai Ranking di Atas Kertas pun Jomplang, Inilah Perbandingan Kekuatan Militer Taiwan dengan China, Belum Pecah Perang Sudah Merugi

Dalam pidatonya tahun 2019, dia memperingatkan Taiwan bahwa setiap upaya untuk menegaskan kemerdekaan akan dihadapi oleh angkatan bersenjata.

Pejabat China menggambarkan Taiwan sebagai masalah paling penting dan sensitif dalam hubungan China dengan AS, dan sebelumnya telah mengumumkan sanksi terhadap perusahaan AS yang menjual senjata ke Taiwan, meskipun belum jelas bagaimana penegakannya.

Hubungan antara AS dan China, dua ekonomi terbesar di dunia, telah jatuh ke level terendah dalam beberapa dekade, dengan ketidaksepakatan tentang berbagai masalah termasuk Taiwan, Hong Kong, hak asasi manusia, pandemi virus corona, Laut China Selatan, perdagangan dan spionase.

Baca Juga: Negara-negara dari Taiwan Sampai Indonesia Harus Bersiap, Tiongkok Kibarkan Bendera Perang di Laut China Selatan dengan Luncurkan Kapal Amfibi Jenis Baru yang Mengerikan

China tahun lalu memberlakukan sanksi terhadap 11 warga AS, termasuk legislator dari Partai Republik, sebagai tanggapan atas sanksi Washington terhadap Hong Kong dan pejabat China yang dituduh membatasi kebebasan politik di bekas koloni Inggris itu.

Ketegangan AS-China yang meningkat telah memicu kekhawatiran, dengan beberapa pengamat khawatir "perang dingin" antara kedua negara bisa menjadi panas.

Rex Tillerson, mantan menteri luar negeri AS, mengatakan kepada majalah Foreign Policy awal bulan ini bahwa dia memiliki "ketakutan bahwa kita (AS) akan terlibat dalam konflik militer dengan China dalam satu dekade dan itu akan terjadi ketika mereka bergerak di Taiwan".

Tillerson mengatakan rencana Presiden Xi adalah untuk meningkatkan taruhannya secara signifikan terhadap kerugian militer AS sehingga rakyat Amerika akan berkata:

Baca Juga: Kapal Perusak Berpeluru Kendali AS Dibayangi Militer China Selama Operasi Kebebasan Navigasi

“Tunggu sebentar, kami akan menimbulkan ribuan korban untuk menyelamatkan Taiwan. Mengapa kita melakukan itu?"

Dia menambahkan, "Dan kemudian China akan mendapatkannya secara de facto, atau kita akan memiliki perang yang sangat buruk di Pasifik. "

AS di bawah pemerintahan Donald Trump mendeklasifikasi strateginya untuk melawan China, sebuah kebijakan yang berfokus pada percepatan kebangkitan India sebagai penyeimbang Beijing.

Memungkinkan Taiwan untuk “mengembangkan strategi dan kemampuan pertahanan asimetris yang efektif yang akan membantu memastikan keamanannya, kebebasan dari paksaan, ketahanan, dan kemampuan untuk melibatkan China dengan caranya sendiri”.

Baca Juga: Shandong China Kepergok Berlayar di Selat Taiwan Hanya Sehari Setelah PLA Ngamuk karena Kapal Perang AS Melintasi Selat yang Sama

Bersama dengan militer terbesar di dunia, yang berjumlah hampir dua juta anggota, China memiliki angkatan laut terbesar, dengan sekitar 350 kapal, termasuk dua kapal induk dan sekitar 56 kapal selam.

China juga memiliki sekitar 2.000 pesawat tempur dan pembom serta 1.250 rudal balistik yang diluncurkan dari darat, yang dianggap sebagai senjata strategis dan psikologis utama melawan Taiwan.

Sementara angkatan bersenjata Taiwan memiliki sebagian kecil dari jumlah itu, dengan sebagian besar angkatan daratnya terdiri dari wajib militer jangka pendek, dan armadanya hanya berjumlah 86 kapal, kira-kira setengahnya adalah kapal rudal untuk patroli pantai.

Perbandingan militer antar dua pasukan memang tak berimbang. Tetapi tidak ada yang tahu jika perang benar-benar meluncur, siapa yang akan menang antara China dan Taiwan. (*)

Editor : Rifka Amalia

Sumber : aljazeera.com, Anadolu Agency

Baca Lainnya