Pulau yang Sudah 70 Tahun Dijaga Sekonyong-konyong Diroyok China, Taiwan Kerahkan Pasukan Latihan Tembak di Titik Nyala Potensial Terjadinya Perang

Minggu, 20 Desember 2020 | 12:00
mnd.gov.tw

Militer Taiwan

Sosok.ID - Taiwan, bersiap diri menghadapi kemungkinan perang lawan China dengan melakukan latihan tembak di titik nyala potensial di Laut China Selatan.

Pementasan latihan tembak langsung Taiwan dilakukan di Kepulauan Pratas, sebuah pulau di bagian utara Laut China Selatan.

Marinir yang telah ditempatkan di pulau-pulau yang dikelola Taiwan untuk operasi pelatihan di luar lokasi sejak Agustus, diharapkan untuk bergabung dengan anggota penjaga pantai lokal dalam latihan anti-pesawat dan anti-pendaratan laut.

Melansir warta South China Morning Post, Minggu (20/12/2020), terdapat laporan tahun ini yang menyatakan bahwa Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China daratan mungkin melakukan latihan simulasi invasi ke pulau-pulau kecil.

Baca Juga: Beijing Mulai Rusuh, Amerika Pasang Kuda-kuda Siap Perang

Menurut Administrasi Penjaga Pantai Taiwan, yang 20 tahun lalu mengambil alih peran militer Taiwan dalam menjaga pulau-pulau, latihan tersebut adalah bagian dari program pelatihan tahunan di sana.

Latihan akan terdiri dari dua latihan tembak-menembak, satu pada hari Minggu (20/12) dan sisanya di tujuh hari lainnya.

Dikenal sebagai Kepulauan Dongsha dalam bahasa China, Kepulauan Pratas - terdiri dari satu pulau, dua terumbu karang, dan dua tepian.

Pulau ini terletak 445 km (277 mil) dari kota pelabuhan selatan Taiwan, Kaohsiung, dan lebih dari 300 km dari daratan China.

Baca Juga: Kapal-kapal Besar Termasuk Kapal Induk China Bakal dengan Mudah Dipecundangi, Inilah Senjata Baru Mematikan Milik Taiwan yang dengan Mudah Tak Terdeteksi Radar

Pulau itu diatur oleh Taiwan tetapi diklaim oleh Beijing.

Pada bulan Mei, Berita Kyodo Jepang melaporkan bahwa PLA berencana untuk melakukan latihan skala besar di pulau Hainan di China selatan pada bulan Agustus yang akan mencakup simulasi pengambilan Pulau Pratas.

Yoshiyuki Ogasawara, seorang profesor di Tokyo University of Foreign Studies, bulan ini mengatakan kepada majalah online The Diplomat bahwa menurutnya, tidak mungkin PLA akan menyerang Taiwan,.

Tetapi besar kemungkinan Beijing menggunakan opsi lainnya, yakni menekan atau merebut Kepulauan Pratas.

Baca Juga: Api Amarah AS Berkobar, China Sulut Perang Langgar Janji Pertemuan Maritim yang Rutin Digelar Sejak 1998: Ini Harus Jadi Pengingat Bagi Semua Negara!

"Dalam merebut Kepulauan Pratas, China bisa membunuh beberapa burung dengan satu batu," ujarnya.

“Misalnya, kesuksesan dapat berfungsi untuk mengkonsolidasikan cengkeraman (Presiden China) Xi Jinping pada Partai Komunis China.

Karena itu, (Pratas) adalah titik api potensial yang sekarang perlu menjadi perhatian AS, Jepang, dan negara-negara demokratis lainnya," katanya.

Ogasawara mengatakan, jika China menyerang Taiwan dengan tepat pasti akan memicu protes dari Amerika Serikat, Jepang dan negara lain, tetapi menargetkan Kepulauan Pratas mungkin berbeda.

Baca Juga: Ogah Dipecundangi Taiwan di Medan Perang, China Sebut Korvet Canggih Taipe Bakal Hancur Lebur Ditangan Mereka

Sejak Agustus, militer Taiwan telah menempatkan sebuah kompi marinir untuk memperkuat garnisun di pos terdepan setelah laporan latihan PLA.

Ia juga telah mengirim senjata termasuk rudal anti-pesawat dan anti-laut, bersama dengan meriam dan artileri lainnya untuk ditempatkan di pulau-pulau itu.

Tidak diketahui apakah PLA benar-benar telah melakukan latihan simulasi pendaratan pantai di Pratas, tetapi sejak pertengahan Agustus , mereka telah melakukan beberapa latihan perang.

Antara lain di Laut Kuning, Laut Cina Selatan, Laut Cina Timur dan Teluk Bohai untuk meningkatkan intimidasi militer, ditujukan ke Taiwan dan mitra keamanannya, Amerika Serikat.

Baca Juga: China Menangis, Taiwan Bakal Buat Kapal Selam dengan Combat Management System Kelas Wahid

PLA juga telah menerbangkan pesawat tempur ke zona identifikasi pertahanan udara barat daya Taiwan, dalam perjalanan ke Selat Bashi dan Laut Cina Selatan untuk pelatihan tempur udara dan operasi pengintaian, memicu spekulasi kemungkinan serangan mendadak di pos terdepan Taiwan.

Alexander Huang Chieh-cheng, seorang profesor hubungan internasional dan studi strategis di Universitas Tamkang di Taipei mengatakan, Pratas adalah pulang yang penting bagi Taiwan dan daratan.

“Pratas adalah pulau paling utara dari Laut Cina Selatan yang luas, berlokasi strategis di antara Selat Taiwan, Selat Bashi dan Laut China Selatan,” katanya.

Ini adalah pintu gerbang ke Laut China Selatan untuk pasukan AS dan ke Laut Filipina untuk PLA.

Baca Juga: UnjukTaring! Taiwan untuk Pertama Kali Luncurkan Korvet Pembunuh Kapal Induk Demi Cabik Serangan China, Spesifikasinya Menakjubkan!

Dikendalikan oleh Taiwan sejak 1950-an, Pratas dilewati oleh kapal tanker minyak yang melayani negara-negara Asia Timur, dan merupakan pos pemeriksaan bagi kapal-kapal China daratan dalam perjalanan ke atau dari Samudra Pasifik.

“Tidak seperti Pulau Taiping (di kepulauan Spratly, yang juga dikendalikan oleh Taiwan), Pratas dipersengketakan oleh Taiwan dan daratan China tanpa melibatkan penuntut lain di Laut China Selatan.

Mengatakan bahwa perang antara Taiwan dan Cina atas Pratas mungkin tidak memicu tanggapan militer oleh negara tetangga Vietnam dan Filipina,” kata Huang.

Dia mengatakan ancaman upaya PLA untuk mengambil pulau-pulau itu selalu ada.

Baca Juga: Nasib Apes Trump Sebelum 'Ditendang' dari Gedung Putih, Kongres Melawan Upaya Veto RUU Pertahanan Berkedok China: Presiden Jelas Belum Baca!

Huang juga menyebut bahwa daya tembak terbatas dari penjaga pantai dan perusahaan kelautan membuat pihak Taiwan rentan, dengan potensi konsekuensi politik di dalam negeri.

“Tidak ada presiden atau politisi yang dapat dimaafkan oleh publik karena kehilangan wilayah kedaulatannya, dan akan berada di bawah tekanan yang luar biasa… untuk mencoba mendapatkannya kembali dari daratan (China),” katanya. (*)

Editor : Rifka Amalia

Sumber : South China Morning Post

Baca Lainnya