Bodinya Terpasang Benda Mirip Kamera Tapi Bukan Drone Laut, KSAL Tegaskan Temuan Viral Nelayan di Selayar Adalah Seaglider, Tak Ada Ciri-ciri Negara Pembuat

Selasa, 05 Januari 2021 | 13:13
Tribunnews.com/JEPRIMA

Bodinya Terpasang Benda Mirip Kamera Tapi Bukan Drone Laut, KSAL Tegaskan Temuan Nelayan yang Viral Adalah Seaglider, Tak Ada Ciri-ciri Negara Pembuat

Sosok.ID - Belakangan, benda asing berbentul seperti rudal yang ditemukan seorang nelayan di Selayar, Sulawesi Selatan viral di media sosial.

Temuan viral nelayan di Selayar, Sulawesi Selatan ini sempat dikira adalah drone laut.

Sontak saja, penemuan benda asing yang dicurigai drone laut itu sempat bikin heboh dunia maya.

Namun setelah temuan benda tersebut di bawa ke Koramil setempat, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) akhirnya mengungkap benda yang disebut-sebut drone laut tersebut.

Baca Juga: Bukan Cuma Drone China, Wanita Mata-mata Intelijen Jerman Tertangkap Menyusup ke Indonesia, Ternyata Sosok yang Datang ke Markas FPI, Begini Kronologinya!

Kepala Staf Angkatan Laut ( KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono memastikan benda yang ditemukan nelayan perairan Selayar, Sulawesi Selatan, bukanlah drone laut.

Yudo Margono menyebut bahwa benda tersebut merupakan seaglider.

"Saya akan sampaikan tentang alat atau seaglider yang kemarin ditemukan oleh nelayan Desa Najapahit, Selayar.

Temuan tersebut saya bawa ke Hidrosal, karena di sini adalah lembaga yang berkompeten untuk meneliti adanya peralatan tersebut," ujar Yudo dalam konferensi pers dikutip dari Kompas TV, Senin (4/1/2021).

Baca Juga: Drone Amerika Akan Lakukan Serangan ke Pulau yang Dikuasai China Jika Trump Kalah Pemilu, Benarkah?

Yudo menjelaskan, seaglider tersebut ditemukan seorang nelayan yang tengah memancing sekitar pukul 07.00 WITA pada 26 Desember 2020.

Setelah menemukan benda itu, nelayan tersebut kemudian melaporkan ke petugas Babinsa dan kemudian diboyong ke Koramil setempat.

Saat ini, kata Yudo, benda tersebut saat ini sudah berada di Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) untuk diteliti lebih lanjut.

Dari pemeriksaan sementara, seaglider ini mempunyai kerangka dua sayap masing-masing berukuran 50 sentimeter.

Kemudian, untuk panjang bodi berukuran 225 sentimeter.

Tribunnews.com/JEPRIMA
Tribunnews.com/JEPRIMA

Seaglider temuan nelayan di Selayar, Sulawesi Selatan yang sempat heboh dikira drone laut

Baca Juga: Indonesia Harus Waspada! Bukan Cuma Observasi Bawah Laut, Drone China Miliki Fungsi Militer Luar Biasa, Dalam Sekejap Xi Jinping Bisa Hancurkan Pulau Tanpa Terdeteksi

Seaglider ini juga mempunyai antena belakang dengan panjang 93 sentimer.

Yudo mengatakan, di bodi seaglider tersebut, terdapat instrumen mirip kamera.

Adapun seluruh kerangka seaglider ini terbuat dari aluminium.

Dari pemeriksaan sementara, Yudo memastikan, bahwa tidak ada ciri-ciri tulisan yang menjadi penanda negara pembuat.

"Tidak ditemukan ciri-ciri tulisan negara pembuat," kata dia.

Baca Juga: Konflik Nagorno-Karabakh Bikin China Merinding, Militer Lemah Mampu Pecundangi Kekuatan yang Lebih Besar: Perang Abad ke-21 Beda dengan Masa Lalu

"Jadi tidak ada tulisan apa pun di sini. Kami tidak rekayasa, bahwa yang kami temukan seperti itu masih persis seperti yang ditemukan nelayan tersebut kita bawa ke sini (Jakarta)," kata KSAL.

Diketahui sebelumnya, temuan seaglider ini berawal ketika seorang nelayan di Kepaluauan Selayar Selatan, bernama Saehuddin tengah memancing.

Baca Juga: Meski Bentuknya Kecil, Temuan Drone China di Perairan Indonesia Disebut Pertanda Perang dari Tiongkok, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto Langsung Angkat Bicara!

Penampakan Seaglider yang awalnya dicurigai sebagai drone laut itu sempat heboh di media sosial.

Sebelum menimbulkan keributan yang tak diinginkan, seaglider yang dikira drone laiut itu kemudian di bawa keKoramil Pasimarannu, Kodim 1415 Kepulauan Selayar untuk diamankan.

(Achmad Nasrudin Yahya)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: KSAL Tegaskan Temuan di Selayar Bukan Drone Laut, tetapi Seaglider

(*)

Editor : Tata Lugas Nastiti

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya