Ketergantungan Uluran Tangan Pemerintahan Trump, Taiwan Gemetar Takut Kehilangan Dukungan AS Usai Biden Tepilih

Senin, 09 November 2020 | 18:00
Kolase TribunJabar via GridStar

Joe Biden kalahkan Donald Trump dalam Pemilihan Presiden Amerika Serikat

Sosok.ID - Nasib Taiwan dipertanyakan usai Donald Trump kalah dalam pemilihan presiden Amerika Serikat (AS).

Taiwan yang bersengketa dengan China, diketahui memiliki hubungan erat dan terikat perjanjian penjualan pesawat tempur dengan AS.

Meski kontroversial di luar negeri, Trump menarik dukungan di Taiwan berkat sikap kerasnya melawan klaim China.

Namun ketika Demokrat semakin dekat dengan kemenangannya, kekhawatiran mulai tumbuh di Taiwan tentang apa arti kepresidenan Joe Biden bagi pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu.

Baca Juga: Trump Dikabarkan Menolak Keluar dari Gedung Putih, Analis Sebut 11 Pekan Terakhir Masa Jabatan sang Presiden Bakal Jadi Periode Paling Berbahaya dalam Sejarah AS

Dikutip dari Al Jazeera, Senin (9/11/2020), Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen turun ke Facebook untuk mengatasi masalah ini.

Ia memberi tahu pengikutnya di sosial media tersebut bahwa "apa pun hasil pemilihan umum, transaksi ini tidak akan berubah dan kami akan terus memperdalam hubungan Taiwan-AS atas dasar ini."

Itu karena Presiden AS Donald Trump, yang sampai saat ini belum mengakui kekalahan, sangat populer di kalangan orang Taiwan.

Nada hubungan AS-Taiwan berubah hampir sejak awal kepresidenan Trump.

Baca Juga: Sudah Jatuh Ketiban Tangga, Harga Dirinya Bonyok Diinjak Usai Kalah dari Joe Biden, Kini Donald Trump Terima Nasib Diceraikan Melania?

Ketika itu Trump melanggar tradisi dan menerima panggilan telepon ucapan selamat dari Tsai setelah pelantikannya di tahun 2016.

Langkah tersebut membuat marah China, yang Partai Komunisnya mengklaim memiliki kedaulatan atas Taiwan.

Sejak panggilan telepon tersebut, hubungan AS-Taiwan telah berkembang.

Kongres AS pada tahun 2017 mengesahkan Undang-Undang Perjalanan Taiwan, yang mendorong hubungan yang lebih dekat antara pejabat AS dan Taiwan melalui kunjungan resmi.

Baca Juga: Donald Trump Pernah 'Janji' Akan Minggat dari AS Jika Kalah dari Biden, Pindah ke Mana? Mari Kita Pantau

Hal itu membuka jalan bagi perjalanan terobosan oleh Menteri Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS Alex Azar awal tahun ini.

Azar adalah pejabat AS berpangkat tertinggi yang mengunjungi Taiwan dalam 40 tahun.

Selama empat tahun Trump menjabat, AS juga telah menjual senjata senilai 15 miliar dollar ke Taiwan dan menyetujui 7 miliar dollar lebih pada bulan September.

Penjualan itu mencakup drone, jet tempur, dan rudal jelajah yang dipersiapkan untuk menghadapi konfrontasi bersenjata dengan China.

Baca Juga: Menolak Kenyataan? Trump Ngotot Pertahankan Klaim sebagai Pemenang Pilpres AS, Meski Faktanya Telah Dikalahkan Joe Biden

Pesaing atau ancaman

Dukungan AS yang tumbuh untuk Taiwan datang dengan latar belakang hubungan yang memburuk dengan China.

China dan Amerika berselisih atas berbagai masalah, termasuk perdagangan, pandemi virus corona dan tindakan keras Beijing di Hong Kong dan wilayah paling barat Xinjiang.

Sementara beberapa orang mengatakan Trump hanya menggunakan Taiwan sebagai alat tawar-menawar dalam hubungannya dengan China.

Meski begitu banyak orang Taiwan yang senang dengan sikap agresif Trump terhadap Beijing.

Baca Juga: Klaim Rajai Hasil Pilpres AS, Trump Sampai Gelar Jumpa Pers, Lokasinya Malah Bikin Netizen Auto Ngakak: Jangan Berkhayal!

Presiden menjadikan China fokus dalam upaya pemilihan ulangnya, menyalahkannya atas pandemi Covid-19 yang telah menewaskan lebih dari satu juta penduduk di seluruh dunia, sebagian besar korban berasal dari Amerika Serikat.

Biden, bagaimanapun, menyebut China sebagai "pesaing" dan bukan "ancaman" seperti Rusia di jalur kampanye.

Taiwan sekarang takut kepresidenan Biden menjadi lebih damai terhadap China.

Di sisi lain Presiden China Xi Jinping telah mengangkat momok kekuatan militer yang menguasai Taiwan.

Baca Juga: Wanita Kulit Hitam Pertama Jadi Wakilnya, Joe Biden Presiden Terpilih Rangkul Pendukung Trump Meski Diserang Tanpa Akal: Saatnya Amerika Sembuh

Kerry K Gershaneck, seorang sarjana tamu di Universitas Nasional Chengchi Taiwan, seorang asisten profesor dari Institut Tata Kelola dan Analisis Kebijakan di Universitas Canberra angkat suara.

“Ada sedikit dalam retorika kampanye Biden atau platform partai yang memberi tahu kita bagaimana pemerintahannya akan menangani Taiwan yang demokratis atau Tiongkok totaliter yang semakin mengancam,” katanya.

“Tak seorang pun dari kampanye akan mencatatkan perincian kebijakannya, meskipun pada menit terakhir ketika di bawah tekanan besar, kampanyenya memasang pernyataan dukungan yang sangat umum untuk Taiwan di internet.”

Saat menjadi calon presiden, Biden menerbitkan tulisan di The World Journal, surat kabar berbahasa Mandarin terbesar di AS.

Baca Juga: Sejengkalpun Tak Bakal Tinggalkan Singgasananya, Trump Dikabarkan Membentengi Diri dan Menolak Keluar dari Gedung Putih jika Biden Menang Pemilu AS

Dia berjanji "untuk terus memperdalam hubungan kita dengan Taiwan, negara demokrasi terkemuka, ekonomi utama, pembangkit tenaga teknologi - dan contoh cemerlang tentang bagaimana masyarakat terbuka dapat secara efektif menahan Covid-19. "

Gershaneck menyatakan keprihatinannya tentang kebijakan Washington di Taiwan jika Biden memilih tim penasihat yang serupa dengan yang bertugas selama pemerintahan Obama.

Seperti diketahui, Joe Biden pernah menjadi Wakil Presiden AS Barack Obama.

Menurut beberapa kritikus, jika itu dilakukan maka akan menunda penjualan senjata ke Taiwan dan sebagian besar hanya diam ketika China meningkatkan aktivitas militernya di Laut China Selatan.

Baca Juga: Sama Saja dengan Trump, Biden Klaim Menangkan Pemilihan Meski Suara Masih Dihitung, BedanyaIa Memang Unggul, Republik Tidak

"Politbiro tidak kurang tidur," kata Gershaneck.

William A Stanton, mantan direktur American Institute of Taiwan, kedutaan de facto AS, mengatakan masih sulit untuk mengatakan bagaimana Biden akan menangani Taiwan karena dia belum mengumumkan kabinetnya.

“Anda harus mencermati orang-orang yang dia tunjuk dan apa latar belakang mereka. Personil seringkali merupakan kebijakan,” katanya.

Baca Juga: Main Kotor Klaim Sudah Menang, Trump Ngotot Jika Kalah Joe Biden Pasti Lakukan Kecurangan, 'Skenario Kiamat' yang Ditakuti Sedang Terjadi

'Nilai yang dibagi'

“Hubungan AS-Taiwan kemungkinan akan tetap kuat terutama karena kepentingan Washington bertemu dengan kepentingan Taipei,” kata Bonnie Glaser, penasihat senior untuk Asia dan direktur Proyek Kekuatan China di Pusat Kajian Strategis dan Internasional.

“Ada nilai-nilai bersama serta kekhawatiran tentang tumbuhnya kekuatan Tiongkok dan cara penggunaannya."

"Upaya AS untuk memperkuat hubungan dengan Taiwan mungkin kurang publik dan kurang terlihat dibandingkan di bawah pemerintahan Trump, tetapi upaya itu akan terus berlanjut. "

Namun, masa depan penjualan senjata Taiwan-AS kurang pasti setelah Pemerintahan Trump dalam empat tahun menjual lebih banyak senjata kepada Taiwan ketimbang penjualan selama delapan tahun pemerintahan Obama.

Baca Juga: Nasib Laut China Selatan Jika Joe Biden Menang, Kebijakan Trump Bakal Diobrak-abrik? 'Konflik Aktual' Akan Segera Datang

Selain di Facebook, Tsai juga men-tweet dukungannya kepada Biden dan Wakil Presiden terpilih Kamala Harris.

Presiden Taiwan tersebut mengatakan bahwa dia berharap untuk "bekerja sama untuk memajukan persahabatan kami, & kontribusi untuk masyarakat internasional."

Sementara Tsai mungkin sadar bahwa panggilan telepon ucapan selamat dengan presiden terpilih AS yang baru tidak mungkin terjadi kali ini.

Wang Ting-yu, seorang legislator dan wakil ketua Komite Urusan Luar Negeri dan Pertahanan Nasional Taiwan, mengatakan dia tetap optimis.

Baca Juga: Terseok-seok Taiwan Diimingi AS Stabilitas Keamanan malah Jadi 'Sapi Perah', Trump Bakal Gerus China dengan Langkah Lebih Ekstrim dan Ofensif Jika Biden Terpilih

"Tidak peduli apakah itu Biden atau Trump, pemerintah Amerika adalah sekutu kami dan kami memiliki persahabatan yang cukup baik dengan kedua belah pihak."

"Kami tidak mengandalkan hubungan diplomatik nasional kami hanya pada satu orang. Itu tidak bertanggung jawab kepada orang-orang kami, "katanya.

“Kepribadian dan karakter Trump dan Biden sangat berbeda, tetapi (untuk) Pemerintahan Trump dan pemerintahan Biden, menurut saya tidak ada banyak perbedaan di antara mereka.

"Mereka memiliki perbedaan yang dalam terkait masalah dalam negeri tetapi untuk masalah luar negeri, masalah diplomatik, dan masalah keamanan nasional, saya kira pada dasarnya mereka sama," kata Wang, dengan penuh keyakinan. (*)

Editor : Rifka Amalia

Sumber : Al Jazeera

Baca Lainnya