Berkaca Pada Sejarah, Pejabat Tinggi Militer Inggris Sebut Bila Tak Segera Ada Obatnya, Covid-19 Bisa Jadi Pemicu Perang Dunia III: Pergi Berperang Jadi Wajar Dilakukan

Minggu, 08 November 2020 | 14:40
The Independent

Berkaca Pada Sejarah, Pejabat Tinggi Militer Inggris Sebut Bila Tak Segera Ada Obatnya, Covid-19 Bisa Jadi Pemicu Perang Dunia III: Pergi Berperang Jadi Wajar Dilakukan

Sosok.ID - Tahun 2020 hanya menyisakan 2 bulan lagi untuk berganti ke tahun 2021.

Namun pandemi virus corona atau covid-19 masih menjadi momok bagi dunia sampai saat ini.

Bahkan meski banyak pakar dan ahli kesehatan berlomba-lomba untuk mencari vaksin yang efektif sekalipun.

Tetapi pandemi masih juga belum bisa terselesaikan permasalahnya.

Baca Juga: Komite Kemenlu Amerika Sebut Sebenarnya Perang Dunia III Sudah Dimulai

Tanpa terkecuali negara yang pertama mengklaim telah berhasil melawan virus corona, China pun kini kembali dilanda gelombang kedua.

Menilik dari keadaan kesehatan global tersebut, salah seorang pejabat tinggi Kerajaan Inggris mengungkapkan hal yang tak terduga.

Di tengah pandemi virus corona yang tengah dihadapi oleh pemerintah hampir seluruh dunia ini, tak sedikit pula negara-negara yang berselisih.

Apa yang terjadi antara pandemi virus corona dan perselisihan antar negara dianggap oleh pejabat tersebut hal yang lumrah.

Baca Juga: China Ujug-ujug Dikabarkan Perkuat Kekuatan Militer, Isu Perang Dunia III Bakal Pecah Makin Santer Terdengar

Bahkan bila covid-19 ini tak segera terselesaikan, dirinya mengungkapkan bahwa tak menutup kemungkinan perang dunia ketiga bakal terjadi.

Ketidakpastian dan kecemasan global saat ini memang memukul perekonomian banyak negara.

Krisis ekonomi yang dihadapi oleh hampir semua negara ini pun disebutnya sabagai salah satu penyebab terjadinya perang dunia III.

Kepala angkatan bersenjata Inggris baru-baru ini memperingatkan tentang terjadinya perang dunia III yang telah berada di depan mata.

Baca Juga: Tak Biasanya Dikunjungi Pejabat Tinggi Negara-negara Maju dalam Waktu Berdekatan, Para Pakar Sarankan Jokowi Untuk Siagakan Indonesia pada Ancaman Perang Dunia III

Nick Carter, Kepala Staf Pertahanan Inggris dalam wawancarannya dengan Remembrance Sunday mengatakan hal yang tak terduga.

Apa yang terjadi di dunia selain pandemi virus corona adalah perselisihan reginal dan kesalahpahaman antar negara yang berujung dalam ketegangan.

Ketegangan itu bisa menyebabkan konflik yang meluas menurut Nick.

“Saya pikir kita hidup pada saat di mana dunia adalah tempat yang sangat tidak pasti dan gelisah dan tentu saja, dinamika persaingan global juga merupakan ciri hidup kita, dan saya pikir risiko nyata yang kita miliki dengan cukup banyak banyak konflik regional yang sedang terjadi saat ini, apakah Anda bisa melihat eskalasi menyebabkan kesalahan perhitungan, ”kata Carter kepada Sky News.

Baca Juga: China Sedang Menyulut Sumbu Perang Dunia III

Nick pun tak menutup kemungkinan terjadinya perang dunia atas apa yang sedang dialami oleh banyak negara saat ini.

"Saya mengatakan itu adalah risiko dan kita perlu menyadari risiko tersebut."

Hal itu menurut Nick wajar, sebab ia menilik dari peristiwa-peristiwa sejarah dan perang dunia yang pernah terjadi di masa lampau.

Baca Juga: Militer Rusia vs Dunia, Setelah Kapal Perang NATO kepung Moskow, Kini AS Bergegas Kirim Rudal Penghancur Untuk Hadapi Vladimir Putin, Perang Semakin Dekat?

“Jika Anda melupakan kengerian perang, maka risiko besar yang menurut saya adalah orang mungkin berpikir bahwa pergi berperang adalah hal yang wajar untuk dilakukan,” katanya.

“Kita harus ingat bahwa sejarah mungkin tidak terulang tetapi memiliki ritme, dan jika Anda melihat kembali abad terakhir, sebelum kedua perang dunia, saya pikir tidak dapat disangkal bahwa ada eskalasi yang menyebabkan kesalahan perhitungan yang pada akhirnya menyebabkan perang dalam skala yang semoga tidak akan pernah kami lihat lagi."

(*)

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : sky news, Remembrance Sunday

Baca Lainnya