Tiongkok Beringas Gerogoti Laut China Selatan, Retno Marsudi Ajak Australia Gabung ASEAN, Kenapa?

Sabtu, 12 September 2020 | 19:00
googleusercontent.com via Intisari.ID

Ilustrasi kegiatan pembagunan China di Laut China Selatan

Sosok.ID - Wakil Perdana Menteri Vietnam dan Menteri Luar Negeri Pham Binh Minh memimpin pertemuan video dengan para menteri luar negeri dari ASEAN di Hanoi pada hari Rabu (9/9/2020).

Setiap tahun, 10 negara ASEAN mengumpulkan kekuatan besar dengan kepentingan di Asia Tenggara, menawarkan panggung untuk persaingan diplomatik dan dinamika geopolitik.

Sama halnya dengan tahun ini. Meskipun Vietnam sebagai ketua blok harus melakukan pertemuan empat hari itu secara virtual sebagai akibat dari pandemi covid-19 yang masih merebak saat ini.

Di antara masalah yang paling diperdebatkan dalam agenda adalah sengketa Laut China Selatan, yang telah menjadi titik nyala meningkatnya ketegangan antara Amerika Serikat dan China di wilayah tersebut.

Baca Juga: Lagaknya Tawarkan Proposal Kekuatan Gabungan di Laut China Selatan, Nyatanya China hanya Galagasi ke Indonesia, Bakal Selalu Bermuka Dua hingga Berhasil Kuasai Perairan Natuna

Melansir Jakarta Post, Sabtu (12/9), ketegangan di Laut China Selatan kian memuncak, dengan AS bulan lalu memberi sanksi kepada 24 perusahaan milik China yang dituduh membantu dalam pembangunan militer Beijing di Laut China Selatan.

Pertemuan tingkat menteri ASEAN tahun ini juga dilakukan beberapa hari setelah Beijing meluncurkan rudal balistik di jalur perairan yang kaya sumber daya itu sebagai bagian dari latihan tembakan langsung.

Namun Indonesia dan ASEAN pada umumnya terus menyerukan menahan diri dari semua pihak, agar tidak memperumit situasi yang sudah tegang.

Dalam pidato di Pertemuan Menteri Luar Negeri KTT Asia Timur ke-10 (EAS) pada hari Rabu, Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengatakan aktivitas Angkatan Laut AS baru-baru ini mengganggu konsultasi antara negaranya dan anggota ASEAN untuk menyelesaikan perselisihan mereka.

Baca Juga: Negara 'Anti-China' Tanda Tangani Pakta Militer Antarbenua untuk Jegal Pengaruh Tiongkok di Indo-Pasifik, Indonesia akan Berdiskusi

Pada Pertemuan Tingkat Menteri ASEAN-AS pada hari Kamis (10/9), Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo berusaha untuk menggalang dukungan dari rekan-rekan ASEAN. Ia mendesak mereka untuk menentang ekspansi maritim China di perairan dan mempertimbangkan kembali hubungan bisnis mereka dengan perusahaan negara China “yang menggertak ASEAN negara pantai di Laut Cina Selatan."

China mengklaim wilayah Laut China Selatan meskipun jaraknya sangat jauh dari garis pantainya.

Tetapi pengadilan internasional tahun 2016 memutuskan mendukung Filipina dan membatalkan klaim sweeping China, yang disengketakan oleh Filipina, Vietnam, Malaysia, Brunei dan Taiwan.

Baca Juga: Indonesia Jadi Kunci Kemenangan Negara yang Perang di Laut China Selatan, Menlu Retno Tegaskan pada AS dan Tiongkok: Jangan Libatkan Kami!

China telah menolak keputusan itu dan terus membangun dan memiliterisasi pulau-pulau buatan sebagai bagian dari klaimnya atas wilayah tersebut, menyebabkan kecemasan di antara negara-negara Asia Tenggara dan memberi AS alasan untuk bertengkar.

Dalam komunike bersama yang dikeluarkan pada Kamis malam, sehari setelah diadakannya Pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN ke-53, para menteri ASEAN membahas sengketa Laut China Selatan dengan menegaskan kembali pentingnya menjaga keamanan perdamaian, stabilitas, keselamatan dan kebebasan navigasi.

Kata-kata dalam dua paragraf yang menangani perselisihan tetap serupa dengan tahun sebelumnya, tetapi para menteri melaporkan kemajuan pada Kode Etik (COC) dalam negosiasi Laut China Selatan.

Baca Juga: Baku Hantam Amerika vs China di Laut China Selatan Bisa Rugikan Indonesia, Purnawirawan TNI Beber Imbas Pengungsi Perang Melipir ke Tanah Air

Hal itu bertujuan untuk membawa dokumen yang dihasilkan sejalan dengan praktik hukum internasional, termasuk Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Hukum Laut (UNCLOS) tahun 1982.

“Kami lebih lanjut menegaskan kembali kebutuhan untuk mengejar penyelesaian sengketa secara damai sesuai dengan prinsip-prinsip hukum internasional yang diakui secara universal, termasuk UNCLOS 1982,” kata para menteri dalam komunike bersama.

Komunike bersama adalah dokumen yang berisi sikap negosiasi bersama ASEAN tentang berbagai masalah yang menjadi perhatian kawasan.

Para menteri juga menegaskan kembali pentingnya Treaty of Amity and Cooperation in Southeast Asia (TAC) sebagai kode etik utama dalam mengatur hubungan antar negara di kawasan dan landasan untuk menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan.

Baca Juga: Laut China Selatan Makin Panas! India Disebut Berencana Balas Dendam Kekalahan di Tibet dengan Kirim Kapal Perang Bersatu dengan AS Demi Kepung Tiongkok?

“Kami berkomitmen untuk lebih mempromosikan prinsip-prinsip yang terkandung dalam TAC dan menekankan pentingnya semua pihak kontrak tinggi dalam memenuhi kewajiban mereka berdasarkan Perjanjian,” kata mereka.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah berulang kali menekankan pentingnya menghormati prinsip-prinsip yang terkandung dalam TAC dan Deklarasi Zona Damai, Kebebasan dan Netralitas (ZOPFAN), dimulai dengan pertemuan EAS dan konferensi pasca-kementerian ASEAN berikutnya.

TAC adalah perjanjian perdamaian yang secara hukum mengikat para penandatangannya untuk mempromosikan perdamaian dan stabilitas kawasan di antara negara-negara anggota ASEAN dan mitra dialog lainnya.

Baca Juga: Lancang! Tiongkok Ajak RI Lakukan Pembangunan Bersama meski Natuna Bukan Milik China, Indonesia Jadi Incaran Demi Misi di Laut China Selatan

Itu ditandatangani oleh para pemimpin negara anggota asli pada tahun 1976, dan diikuti oleh anggota kemudian.

Negara-negara lain mulai menandatangani perjanjian itu, persyaratan untuk mengadakan kemitraan dialog dengan ASEAN - pada tahun 2003, dengan China dan India menjadi negara pertama yang melakukannya.

AS menandatanganinya pada tahun 2009.

Sementara ZOPFAN adalah dokumen ASEAN era Perang Dingin yang ditandatangani oleh lima anggota asli asosiasi - Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand - pada tahun 1971.

Baca Juga: Detik-detik Angkatan Laut dan Udara Tiongkok Uber Kapal Perang AS di Laut China Pakar Sebut Perang Dunia 3 Sudah Dekat!

Bangsa-bangsa yang kemudian bergabung dengan organisasi regional secara otomatis menyetujui perjanjian tersebut.

Ia berusaha, dengan keberhasilan yang tertunda, untuk memindahkan pangkalan militer AS dan Soviet dari wilayah tersebut.

Pada hari Kamis di pertemuan ASEAN-AS, Retno mengatakan bahwa dia mengemukakan dokumen-dokumen ASEAN yang telah berusia dua dekade ini untuk menyampaikan poin bahwa blok itu didirikan atas nama perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran.

“TAC tidak hanya terkait dengan ASEAN tetapi juga mitra wicara-nya, termasuk Amerika Serikat."

Baca Juga: Beijing Hilang Kesabaran, AS Terobos Zona Terlarang di Laut China Selatan, PLA Murka: Hentikan Tindakan Provokatif Kalian Jika Tak Ingin Terjadi Kecelakaan!

"Indonesia berharap kerja sama antara ASEAN dan Amerika Serikat dapat terus berlanjut dan menjadi mitra sejati bagi perdamaian dan stabilitas, ”ujarnya kepada wartawan usai pertemuan.

Retno secara terbuka berbicara tentang masalah tersebut selama pertemuan ASEAN-Australia pada hari itu, di mana ia menyerukan Australia untuk bergabung dengan negara-negara anggota ASEAN dalam mengambil kawasan itu dari "panggung untuk kontes geopolitik".

“Saya juga ingin menunjukkan bahwa Australia menyetujui TAC pada 2005, di mana ada prinsip menolak ancaman dan penggunaan kekuatan, komitmen untuk menyelesaikan masalah secara damai dan terus memprioritaskan kerja sama,” katanya kepada wartawan.

“Prinsip-prinsip tersebut diharapkan dapat terus diterapkan di tengah tantangan geopolitik saat ini,” ujarnya. (*)

Editor : Rifka Amalia

Sumber : The Jakarta Post

Baca Lainnya