Keterlaluan, Seorang Bocah Harus Tewas Tak Tertolong Gegara Ambulans yang Bawa Dirinya ke Rumah Sakit Dihalang-halangi Sebuah Mobil, Begini Kronologinya!

Senin, 17 Agustus 2020 | 17:30
Dok. GridMotor

(gambar ilustrasi) Keterlaluan, Seorang Bocah Harus Tewas Tak Tertolong Gegara Ambulans yang Bawa Dirinya ke Rumah Sakit Dihalang-halangi Sebuah Mobil, Begini Kronologinya!

Sosok.ID - Sebuah akun Facebook belum lama ini jadi perbincangan hingga viral setelah mengunggah kisah memilukan.

Akun Facebook bernama Fauzi tersebut ternyata adalah salah satu anggota relawan pengawal ambulans.

Dalam unggahannya tersebut, pemilik akun menceritakan kisah pilu keterlambatan menolong seorang bocah.

Bocah tersebut harus meregang nyawa di dalam ambulans yang sedang berjalan menuju rumah sakit.

Baca Juga: Calon Mantu Iis Dahlia Manfaatkan Hubungan Lesty Kejora dan Rizky Billar untuk Ngemis Subscriber, Warganet: Begini Nggak Pansos? Laki Kok Nyinyirnya Ngalahin Emak Kompleks

Dalam statusnya, Fauzi menceritakan soal aksi seorang pengendara mobil Kijang yang diduga menghalangi secara sengaja ambulans yang dikawalnya dari Puskesmas Leles menuju RSUD dr Slamet, Garut.

Muhammad Fauzi (20) memang telah sering mengawal ambulans yang sedang mengangkut pasien untuk segera di bawa ke rumah sakit.

Namun kali ini kawalannya pun sia-sia gegara sebuah mobil yang tak ingin mengalah demi keselamatan orang lain di jalan.

Melansir dari Kompas.com, Minggu (16/8/2020) kejadian meninggalnya pasien di dalam ambulans tersebut terjadi pada hari Jumat.

Baca Juga: Gegara Gunakan Tahun Jepang, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Hampir Digagalkan, Tapi Sosok Ini yang Jadi Pelindung Meski Disiksa Sampai Kencing Darah

Saat itu dirinya pulang dari Bandung menuju Garut dengan menggunakan sepeda motor.

Saat melintas di Leles, dirinya melihat ambulans dari Puskesmas Leles yang akan ke rumah sakit membawa pasien gawat darurat hingga Fauzi pun langsung mengawal kendaraan tersebut.

"Awalnya perjalanan normal, kendaraan lain memberi jalan ambulans," katanya.

Namun, begitu sampai di kawasan Tutugan Leles, ada mobil Kijang yang menghalangi laju ambulans.

Baca Juga: Rekaman Kapal Perang Huizhou Tembakkan Meriam dan Torpedo, China Tak Bakal Luncurkan Rudalnya Jika Taiwan Berhenti Nemplok ke Amerika

Fauzi pun meminta agar pengemudi ambulans tersebut memberi jalan dengan menepi sebentar. Namun, pengemudinya tetap tidak mau memberi jalan.

"Dia keukeuh enggak mau ngasih jalan," katanya.

Alhasil mobil ambulans yang dikawal oleh Fauzi pun tak bisa melaju cepat agar bisa selamatkan korban.

Terhalangnya ambulans tersebut menurut Fauzi mencapai beberapa kilometer lantaran mobil kijang di depan ambulans seperti sengaja menghalangi lajur mereka.

Baca Juga: Secepat Kilat Terpeleset 'Sayang-sayangan' dengan Rizky Billar, Lesty Kejora Diperingatkan Mbak You Agar Tak Keluar Jalur:Jangan Sampai Lebay!

Ambulans dan mobil Kijang itu baru berpisah di Bundaran Alun-alun Tarogong. Mobil Kijang berbelok ke Jalan Suherman, sedangkan ambulans berbelok ke Jalan Cimanuk.

"Saat tiba di RSUD, pasiennya saya lihat masih ada (belum meninggal), sempat ditangani petugas juga," katanya.

Sang sopir ambulans yang dihubungi melalui ponsel pun membenarkan cerita dari Fauzi tersebut.

Damis Sutendi, sopir ambulans mengatakan dirinya memang tengah membawa pasien gawat darurat, yakni seorang anak berumur sekitar enam tahun yang kondisinya koma setelah mengalami pendarahan di kepala karena terjatuh.

Baca Juga: Masih Hangat-hangat Pengantin Baru Aib Istri Sudah Dikuliti Ibu Mertua,Rizki DA Sempat Diperingatkan Iis Dahlia: Konsekuensi Ta'aruf Begitu!

Makanya, anak itu langsung dirujuk ke RSUD dr Slamet, Garut, oleh petugas Puskesmas Leles.

"Sejak keluar Puskesmas memang sudah dikawal oleh relawan yang biasa mengawal," katanya.

Menurut Damin, insiden dengan mobil Kijang yang tidak memberi jalan terjadi di kawasan Pasir Bajing, Kecamatan Banyuresmi.

Mobil Kijang tersebut malah terus tancap gas meski relawan yang mengawal telah memintanya untuk memberi jalan untuk ambulans.

Baca Juga: Cita-cita Aurel Hermansyah Kawin Muda Bikin sang Ibu Tarik Napas, Krisdayanti Takut Penyesalan di Masa Lalu Jadi Nyata:Musti Banyak Pengalaman Dulu

"Dia malah di depan terus walau relawan yang mengawal pakai motor sudah minta jalan," katanya.

Akibat ulah nekat pengemudi mobil kijang tersebut, membuat ambulans terlambat sampai di RSUD dan mengakibatkan pasien meninggal dunia sebelum ditangani oleh tim medis rumah sakit.

Baca Juga: Cita-cita Aurel Hermansyah Kawin Muda Bikin sang Ibu Tarik Napas, Krisdayanti Takut Penyesalan di Masa Lalu Jadi Nyata:Musti Banyak Pengalaman Dulu

"Biasanya cuma 10 menit sampai ke RSU, kemarin mah sampai lebih dari 15 menit," katanya. (*)

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : Kompas.com, Facebook

Baca Lainnya