Viral! Jalan Kaki 8 Km Dilakukan Oleh Pasien Covid-19 Setelah Dinyatakan Sebuh Untuk Pulang ke Rumah, Begini Kronologinya!

Sabtu, 27 Juni 2020 | 16:00
Kolase Twitter @merapi_news

Viral! Jalan Kaki 8 Km Dilakukan Oleh Pasien Covid-19 Setelah Dinyatakan Sebuh Untuk Pulang ke Rumah, Begini Kronologinya!

Sosok.ID - Sebuah video menampilkan seorang pria yang baru saja sembuh dari virus corona pulang dari RS Sardjito, Yogyakarta ke rumahnya dengan berjalan kaki, viral di media sosial Twitter.

Pria tersebut pulang dengan berjalan kaki ke rumahnya yang berjarak 8 Km karena sebelumnya telah bernadzar.

Unggahan video tersebut dibagikan oleh pemilik akun Twitter @merapi_news pada Jumat (26/6/2020).

Hingga berita ini diturunkan, unggahan video tersebut telah dilihat lebih dari 13.000 kali dan mendapat banyak komentar dari warganet.

Baca Juga: KTT ASEAN, Negara-negara Asia Tenggara Tuding China Terang-terangan Tantang Hukum Internasional, Filipina Pilih Minta Bantuan Militer AS, Pecah Perang?

Dalam unggahannya, @merapi_news menuliskan narasi berikut.

"[Viral] Sembuh dari Corona, Nadzar Jalan Kaki dari RS Sardjito ke rumah Drono, banyak warga antusias menyambut," tulis akun tersebut.

Untuk mencari tahu bagaimana cerita selengkapnya, pria yang bernadzar itupun langsung dihubungi.

Pria tersebut enggan menyebutkan nama aslinya, hanya ingin disebut menggunakan inisial K.

Baca Juga: Kepergok Sedang Berduaan dengan Suami Orang, Pelakor Ditelanjangi di Tempat Umum oleh Istri Sah, Reaksi sang Suami Malah Bikin Emosi

Saat dikonfirmasi, pria berinisial K tersebut membenarkan bahwa dirinya yang bernadzar untuk pulang dengan berjalan kaki dari RS Sardjito ke kediamannya.

"Iya benar. Saya lakukan itu karena nadzar sebelum sembuh dari virus corona dulu," kata K Sabtu (27/6/2020).

Dia menjelaskan, mulanya dia dirawat dan dikarantina di Rumah Sakit Mitra Paramedika, Cangkringan, Sleman pada 7 Mei 2020.

K mengaku, dirinya termasuk kluster Indogrosir Sleman.

Baca Juga: Dukung Gerakan Papua Barat Merdeka, Miss New Zealand Dihujat Ribuan Netizen Indonesia, Dianggap Terlalu Ikut Campur Permasalahan Negara Orang

"Waktu itu ceritanya saya dirawat di RS Mitra Paramedika karena masuk kluster Indogrosir Sleman. Saya salah satu dari teman-teman yang dirawat," ujar K.

Dirinya dirawat di rumah sakit tersebut sembari menunggu hasil tes swab keluar hingga akhirnya dinyatakan positif Covid-19.

Tepat pada 17 Mei 2020, dia langsung dirujuk ke Rumah Sakit Sardjito, Yogyakarta untuk menjalani perawatan.

"Saat itu banyak dari teman-teman saya sudah dinyatakan sembuh dan boleh pulang," papar K.

Baca Juga: Bertahun-tahun Dibohongi oleh sang Suami yang Selalu Ngeluh Tak Punya Uang, Wanita Ini Justru Ketiban Rezeki Nomplok Usai Bongkar Tangga Rumahnya, Terkuak Harta Karun yang Selama Ini Disembunyikan Pasangannya

"Tapi, hasil swab saya masih positif terus, saya bingung dan stres mengapa kok masih positif terus," imbuhnya.

Nadzar seminggu setelah dirawat K mengungkapkan, dia lalu melakukan nadzar tersebut tepat seminggu setelah dirawat di RS Sardjito.

Ia berdoa agar bisa kembali pulang dan sembuh.

Saat itu, ia bernadzar jika kelak bisa sembuh, maka dirinya akan pulang dengan jalan kaki dari rumah sakit ke rumahnya.

Baca Juga: Tersesat 3 Bulan Lebih, 6 TKI Nekat Jalan Kaki Pulang ke Indonesia dengan Menembus Hutan Belantara, Hanya 1 yang Bisa Kembali, Begini Kronologinya!

"Alhamdulillah, pas tanggal 26 Juni kemarin, hasil tes swab sudah negatif untuk yang kedua setelah sebelumnya juga negatif. Akhirnya diizinkan pulang oleh dokter," kata K.

K menuturkan, jarak RS Sardjito menuju rumahnya yang berada di Dusun Drono, Tridadi, Sleman sejauh 8 kilo meter.

"Kalau jaraknya sekitar 8 km. Kemarin saya jalan itu kurang lebih 1,5 jam," jelas K.

Dia pun berterima kasih kepada seluruh keluarga dan rekan-rekannya karena turut mendoakannya agar sembuh dari Covid-19.

Baca Juga: Bertolak Belakang dengan Ariel Noah yang Awalnya Membantah Mati-matian, Sarah Amalia Justru Yakin Pria dalam Video Panas Luna Maya dan Cut Tari Mirip Mantan Suaminya Setelah Melihat Langsung

K mengaku, dirinya saat terinfeksi Covid-19 masuk kategori pasien orang tanpa gejala (OTG).

"Saya tidak dengan gejala. Semua obat yang diberikan, saya minum semua, makanan yang diberikan rumah sakit juga saya habiskan semua. Semua yang disarankan teman, saya lakukan, di antaranya minum vitamin dan jamu," jelas K.

Baca Juga: Peduli Tubuhmu Tanda Tubuh Kekurangan Nutrisi, Termasuk Rambut Rontok

"Terima kasih juga untuk bapak dan ibu dokter serta perawat yang sudah merawat saya," pungkas dia. (Dandy Bayu Bramasta)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Viral, Video Pria Sembuh dari Covid-19 Pulang Jalan Kaki ke Rumahnya Sejauh 8 Km, Ini Sebabnya"

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya