Para Anggota Parlemen Gigit Jari, Trump Kerahkan Pentagon Tarik 9500 Pasukan Tentara AS di Jerman

Selasa, 09 Juni 2020 | 20:00
Pembrokeshire College

Ilustrasi - Tentara AS

Sosok.ID - Presiden Donald Trump pada pekan lalu mengerahkan Pentagon untuk menarik ribuan pasukan tentara Amerika Serikat (AS) dari Jerman.

Kabar ini membuat sekutu kunci dan anggota parlemen lainnya mengkritik kebijakan Trump, menyebutnya sebagai keputusan jangka pendek yang merugikan.

Mengutip Millitary Times, Penarikan sebanyak 9.500 pasukan AS di Jerman dikhawatirkan akan merusak kesiapan militer.

"Ini adalah kebijakan yang salah arah," kata Liz Cheney, R-Wyo., Republikan peringkat tiga di DPR, dalam sebuah pernyataan akhir pekan lalu.

Baca Juga: Rongrongan Militer Tiongkok Kian Menguat, India Ketar-ketir Beijing Caplok Wilayah Teritorial Ladakh, Indonesia Dijadikan Permisalan

"Jika Amerika Serikat meninggalkan sekutu, menarik pasukan kami dan membuatnya mundur di perbatasan, penyebab kebebasan - yang menjadi dasar pendirian negara kami & keamanan kami - akan berada dalam bahaya," katanya.

Pada hari Jumat, Wall Street Journal melaporkan bahwa militer AS akan mengurangi hampir sepertiga pasukannya di Jerman setelah Trump memerintahkan penurunan dramatis dalam tingkat kekuatan dari sekutu utama NATO.

Di bawah sebuah memorandum yang ditandatangani Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih Robert O'Brien, kehadiran pasukan AS di Jerman akan turun sebanyak 9.500 anggota layanan, dari 34.500 hari ini menjadi sekitar 25.000.

Baca Juga: China Laksanakan Operasi Militer Kilat Menyambut Api Peperangan Melawan India

Administrasi juga akan membatasi jumlah pasukan di negara itu menjadi 25.000, menciptakan masalah logistik potensial karena berbagai aset militer bergerak melalui Jerman ke penyebaran luar negeri lainnya.

Pejabat dari Gedung Putih belum secara terbuka mengkonfirmasi rencana tersebut.

Sementara pejabat dari Komando Eropa AS dan Pentagon tidak akan memberikan komentar mengenai masalah ini.

Terlepas dari kurangnya detail terkait rencana penarikan pasukan di Jerman, langkah-langkah itu mendapat perhatian besar dari Kongres.

Baca Juga: 19 Negara NATO Ejek Rusia di Laut Baltik, Gelar Latihan Militer Skala Besar

Sebab anggota parlemen untuk beberapa tahun terakhir telah melawan pernyataan Trump bahwa Amerika Serikat mensubsidi terlalu banyak tanggung jawab pertahanan nasional sekutu asing.

"Kita semua ingin melihat sekutu kita melakukan investasi lebih besar untuk mendukung pertahanan kolektif kita. Tetapi ini bukan cara untuk melakukan itu,” tulis Mike Gallagher, R-Wis., seorang veteran Korps Marinir yang bertugas di Irak.

"Memotong kekuatan kita di Jerman tidak hanya mengurangi kehadiran kita di depan dan kemampuan kita untuk mencegah agresi di Eropa, tetapi pada akhirnya akan membuat kita membayar lebih mahal.

"Pasukan yang meninggalkan Jerman harus pergi ke suatu tempat, dan ke mana pun mereka pergi, mereka tidak akan mendapat manfaat dari dukungan keuangan Jerman," ungkap Mike Gallagher (@RepGallagher) pada 6 Juni 2020.

Baca Juga: Terlalu Canggih, China Sekarang Tahu Dimana Letak Serta Posisi Unsur-unsur Militer Negara Asia Tenggara

Gallagher menyebut pasukan A.S. di Jerman sebagai “kunci penentu” strategi militer global.

Dia juga mengaitkan berita itu dengan peringatan D-Day ke-76 akhir pekan ini, dengan mengatakan bahwa Perang Dunia II menunjukkan pentingnya memiliki pasukan pertahanan AS yang dikerahkan ke depan.

Anggota peringkat Komite Senat Angkatan Bersenjata Jack Reed, D-R.I., melangkah lebih jauh dengan kritiknya terhadap penarikan yang diusulkan, menyebut rencana tersebut sebagai sesuatu yang "picik dan tidak masuk akal."

"Ini merupakan bantuan lain bagi (Presiden Rusia Vladimir) Putin dan kegagalan kepemimpinan lainnya oleh pemerintahan ini yang semakin mempererat hubungan dengan sekutu kita," katanya.

Baca Juga: Mantan Komandan Tertinggi NATO Bongkar Alasan Tiongkok Anggap Laut China Selatan Sebagai Danau Pribadi Hingga Siap Perang Untuk Merebutnya: Selalu Bersulang Untuk Ini!

Tetapi langkah itu tidak secara universal ditentang oleh Kongres.

Perwakilan Republik Arizona Andy Biggs, seorang pendukung setia Trump, memuji langkah tersebut di media sosial akhir pekan ini, mengatakan bahwa:

"Sekutu kita harus terus berbuat lebih banyak untuk meningkatkan komitmen pengeluaran pertahanan mereka dan kurang mengandalkan personil militer AS untuk keamanan nasional mereka.”

Tidak ada batas waktu yang telah diumumkan untuk awal penarikan.

Baca Juga: Diusik NATO, Armada Baltik Rusia Meradang Tambah Kekuatan dengan Deretan Kapal Korvet Karakurt Class

Reaksi terhadap rencana AS dari para pemimpin Jerman sejauh ini bercampur aduk, dengan beberapa menyebutnya sebagai tantangan baru bagi hubungan keamanan antara kedua negara tersebut.

Sementara pejabat lainnya mengatakan keputusan Trump untuk menarik pasukan sebagai pengurangan yang terlambat pada kehadiran militer Amerika di Jerman. (*)

Editor : Rifka Amalia

Sumber : Military Times

Baca Lainnya