Follow Us

Terlalu Canggih, China Sekarang Tahu Dimana Letak Serta Posisi Unsur-unsur Militer Negara Asia Tenggara

Seto Ajinugroho - Senin, 08 Juni 2020 | 14:13
Terlalu Canggih, China Sekarang Tahu Dimana Letak Serta Posisi Unsur-unsur Militer Negara Asia Tenggara
eng.chinamil.com.cn/Photo by Qin Qianjiang and Li Wei

Terlalu Canggih, China Sekarang Tahu Dimana Letak Serta Posisi Unsur-unsur Militer Negara Asia Tenggara

Sosok.ID - Militer China memang sedang giat-giatnya mengerahkan berbagai sumber daya untuk mendukung klaim mereka atas Nine Dash Line di Lautan Pasifik.

Pasalnya jika tidak begitu mereka hanya akan jadi macan ompong, berani klaim tapi jika digertak minder.

Maka diketahui China menebar peralatan canggihnya untuk memata-matai pergerakan militer maupun non militer negara-negara Asia Tenggara.

Melansir Reuters, pada waktu itu, menurut situs pelacakan kapal Lalu Lintas Kelautan, kapal Haiyang Dizhi 8 milik China memasuki perairan dekat Malaysia.

Baca Juga: Krisdayanti Dinilai Serang Mentalitas Anak-anaknya Sejak Selingkuh di Masa Lalu, Azriel Putus Asa: Apa Salah Kita Mi? Jiel Mohon Om Stop sampai Disini!

Sumber Reuters mengatakan, pada hari Jumat, kapal China itu posisinya sangat dekat dengan Capella Barat yang dioperasikan Petronas.

Salah satu sumber Reuters lainnya juga mengatakan, sebuah kapal Vietnam juga menandai wilayah Capella Barat.

Wilayah ini dekat dengan perairan yang diklaim oleh Vietnam dan Malaysia dan juga oleh China, melalui klaimnya yang luas terhadap sebagian besar Laut Cina Selatan dalam 'nine-dash-line' berbentuk U yang tidak dikenali oleh tetangganya atau sebagian besar dunia.

Kemudian, seorang juru bicara kementerian luar negeri China mengatakan Haiyang Dizhi 8 sedang melakukan kegiatan normal.

Baca Juga: Emosi Sudah di Ubun-ubun! Azriel Hermansyah Sebut Ayah dan Ibu Sambungnya Sampai Ikut Dimaki Raul Lemos, Krisdayanti Malah Minta Netizen Tak Hujat Suaminya

Sebuah sumber keamanan Malaysia mengatakan Haiyang Dizhi 8 diapit pada satu titik pada hari Jumat oleh lebih dari 10 kapal Tiongkok, termasuk milik milisi laut dan penjaga pantai.

Sumber itu juga menyebutkan kapal Vietnam.

Source : kontan

Editor : Seto Ajinugroho

Baca Lainnya

Latest