Follow Us

Mantan Komandan Tertinggi NATO Bongkar Alasan Tiongkok Anggap Laut China Selatan Sebagai Danau Pribadi Hingga Siap Perang Untuk Merebutnya: Selalu Bersulang Untuk Ini!

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Sabtu, 06 Juni 2020 | 16:13
( Ilustrasi Militer China) Mantan Komandan Tertinggi NATO Bongkar Alasan Tiongkok Anggap Laut China Selatan Sebagai Danau Pribadi Hingga Siap Perang Untuk Merebutnya: Selalu Bersulang Untuk Ini!
China Military

( Ilustrasi Militer China) Mantan Komandan Tertinggi NATO Bongkar Alasan Tiongkok Anggap Laut China Selatan Sebagai Danau Pribadi Hingga Siap Perang Untuk Merebutnya: Selalu Bersulang Untuk Ini!

Sosok.ID - Salah satu pensiunan Komandan Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) sekaligus mantan Komandan Tertinggi NATO buka suara alasan dibalik Tiongkok getol rebut Laut China Selatan dari negara-negara lain.

Laksamana James Stavrdis adalah salah satu pensiunan marinir AS yang menghabiskan sebagian besar kariernya berlayar di samudera Pasifik.

Ia pun membuka suaranya yang sering berkonfrontasi dengan militer China saat bertugas di Laut China Selatan pada era tahun 1990-an.

Setiap negara yang berpatroli di Laut China Selatan memang selalu memicu ketegangan menurutnya.

Baca Juga: Indonesia dan Negara ASEAN Harus Waspada, Tiongkok Blak-blakan Ogah Tunduk Dengan Hukum Internasional Apapun Mengenai Kekuasaannya di Laut China Selatan

Hal itu dipucu oleh China yang tak suka negara lain mengklaim laut di bagian selatan negeri Panda tersebut.

Tanpa terkecuali Marinir AS yang bertugas sebagai pasukan perdamaian di perairan tersebut.

Bahkan secara pribadi menurut Stavrdis, China tak pernah suka keberadaan militer AS di perairan tersebut.

Tulisan mengenai alasan Tiongkok getol ingin menguasai Laut China Selatan itu ia tuangkan dalam sebuah tulisan di Bloomberg pada Jumat (22/5/2020).

Baca Juga: Bukan Guyonan! Rekaman Militer Tiongkok Gebuk Habis Tentara India Sengaja Disebarkan, Bentrok di Perbatasan Picu Ketegangan

Selama berkarier baik di militer AS maupun dipasukan gabungan NATO, Stavrdis sangatlah berpengalaman menghadapi militer China.

Source : Bloomberg

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest