Follow Us

China Laksanakan Operasi Militer Kilat Menyambut Api Peperangan Melawan India

Seto Ajinugroho - Selasa, 09 Juni 2020 | 17:13
China Laksanakan Operasi Militer Kilat Menyambut Api Peperangan Melawan India
China Military

China Laksanakan Operasi Militer Kilat Menyambut Api Peperangan Melawan India

Sosok.ID - Tensi antara China dan India sedang mendidih.

Usai tawuran di perbatasan antar kedua negara di Ladakh, baik India dan China langsung mengerahkan kekuatan militer masing-masing.

Kali ini China curi start duluan.

Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China telah melakukan latihan besar-besaran yang melibatkan ribuan pasukan terjun payung untuk memeriksa kesiapannya dalam mengangkut tentara dan kendaraan lapis baja dari provinsi Tiongkok tengah ke daerah perbatasan ke barat laut negara itu.

Baca Juga: Telah Renggut 4 Nyawa, Pria Ini Beruntung Bisa Temukan Harta Karun Senilai Rp 27 Miliar Setelah 10 Tahun Berburu Hanya Menggunakan Sebuah Peta

Melansir Hindustan Times yang mengutip media milik pemerintah China, Global Times dan CCTV, "operasi manuver" berskala besar itu dilakukan dalam latar belakang kebuntuan perundingan perbatasan yang sedang berlangsung dengan India.

China Central Television (CCTV) melaporkan pada hari Sabtu, dengan menggunakan maskapai penerbangan sipil, saluran transportasi logistik dan kereta api, beberapa ribu penerjun payung di bawah brigade udara Angkatan Udara PLA baru-baru ini bermanuver dari Hubei, yang berada di China tengah, ke lokasi yang dirahasiakan di dataran China barat laut ribuan kilometer jauhnya.

Berita di sejumlah media pemerintah China tersebut dirilis pada hari ketika New Delhi mengatakan bahwa India dan China akan melanjutkan keterlibatan militer dan diplomatik untuk menyelesaikan kebuntuan yang telah berlangsung selama berminggu-minggu di sepanjang Line of Actual Control (LAC).

Mengutip Hindustan Times, hal ini terjadi setelah pembicaraan diadakan antara delegasi yang dipimpin Letnan Jenderal Harinder Singh, komandan 14 Korps yang bermarkas di Leh dan satu delegasi yang dipimpin oleh Mayor Jenderal Liu Lin, komandan wilayah militer Xinjiang Selatan, di Moldo di sisi China LAC pada hari Sabtu (6/6/2020).

Baca Juga: Mentalitas Aurel dan Azriel bak Diserang Ibu Kandungnya, Psikolog Singgung Ego Orang Tua hingga Kekerasan Verbal dan Trauma Jangka Panjang: Luka Batinnya Bisa Menahun

Laporan tersebut tidak memberikan lokasi di mana para prajurit dan kendaraan lapis baja diangkut, akan tetapi dikatakan hal itu cukup untuk menunjukkan bahwa latihan itu merupakan pesan ke India.

"Beberapa ratus peralatan militer termasuk kendaraan lapis baja dan sejumlah besar persediaan juga terlibat dalam operasi, yang berakhir dengan sukses hanya dalam beberapa jam," kata laporan itu.

Source : kontan

Editor : Seto Ajinugroho

Baca Lainnya

Latest