Ngaku Sebagai Keturunan 10 Keluarga Terkaya di Indonesia dan Dapat Uang Saku Rp 2 Miliar Tiap Bulan, Azura Luna Mangunhardjono Jadi Buronan di Hong Kong Gegara Tipu Kaum Elit, Inilah Identitas Aslinya

Jumat, 13 Desember 2019 | 11:17
Next Shark

Azura Luna Mangunhardjono, wanita asal Kediri yang mengaku keturunan klan 10 keluarga terkaya di Indonesia untk menipu di luar negeri.

Sosok.id - Nama Azura Luna mendadak menghebohkan masyarakat Indonesia.

Pasalnya, wanita yang digadang-gadang sebagai sosialita dari Kediri, Jawa Timur ini dikabarkan menjadi daftar pencarian orang (DPO) di Hongkong.

Nama lengkapnya Azura Luna Mangunhardjono diduga juga bukan nema aslinya.

Ia menjadi buron internasional karena diduga telah melakukan penipuan kelas berat di 3 benua.

Baca Juga: Kulit Terbakar Hingga Melepuh Saat Terkena Sinar Matahari, Derita Kakak Beradik Penderita Penyakit Kulit Langka, Belasan Tahun Terkurung di Rumah dengan Kondisi Memprihatinkan

Tak main-main, Azura Luna diduga memperdaya kaum elite, pemilik apartemen, sampai pembantu hingga meraup lebih dari setengah juta dolar AS.

Adapun aksinya tersebut dilakukan di Hong Kong, Inggris, Perancis, dan Amerika Serikat (AS).

Melansir dari Next Shark, nama Azura cukup dikenal di kalangan elit sebagai sosok dermawan yang kaya raya.

Namun, kini namanya disebut media tersebut sebagai penipu paling terampil di Hong Kong.

Baca Juga: Citranya Dihancurkan Oleh Ari Askhara Atas Skandalnya, Inilah Sosok yang Selamatkan Garuda Indonesia Dari Kebangkrutan Hingga Mendunia!

Menurut pengakuan mantan kekasihnya, Azura menyebut bahwa dirinya adalah seorang putri dari Indonesia yang memiliki uang saku sebesar 150.000 USD atau sekitar Rp 2 miliar tiap bulannya.

Tak hanya itu, Azura juga mengaku pada pria, sebut saja Jason, bahwa ia hanya menggunakan jet pribadi untuk keliling dunia.

Jason menyebutkan, saat pertama kali bertemu dengan Azura, ia menggambarkan sosoknya sebagai "wanita yang sangat mencolok".

"Kami bertukar nomor telepon, saya terbang ke Beijing, Seoul, Tokyo, dan selama seminggu kami saling mengirim sms.

Baca Juga: Aniaya Ayah Kandung Hingga Tewas, Pria Ini Justru Asik Tinggalkan Mayat 3 Hari Hingga Membusuk Untuk Bersepeda Keliling Kota, Alasannya Sepele!

"Dia genit, mengirim foto dan menyuruh saya untuk menemuinya di Hong Kong, dan saya pikir, 'Wow, saya belum pernah bertemu orang seperti ini'.

"Jadi memutuskan untuk terbang kemabali ke rumah," ujar pria 46 tahun kepada South China Morning Post Magazine.

Pria yang berprofesi sebagai pakar teknologi di New York itu menyebutkan bahwa pertemuan tanggal 15 Oktober 2017 silam itu adalah awal masuknya ia dalam jebakan Azura.

Azura bahkan mengaku kepada Jason bahwa dirinya berasal dari klan 10 orang terkaya di Indonesia, dan menyebut bahwa ibunya turut membantu Bill Clinton menjadi presiden AS.

Baca Juga: Citranya Dihancurkan Oleh Ari Askhara Atas Skandalnya, Inilah Sosok yang Selamatkan Garuda Indonesia Dari Kebangkrutan Hingga Mendunia!

Mantan kekasihnya yang lain, Robert (59), menyebut bahwa Azura mengaku telah bersekolah di berbagai institusi pendidikan si seluruh dunia.

"Azura adalah seorang (penipu) yang benar-benar profesional," ujar Robert pada Post Magazine.

Tak hanya Robert dan Jason, seorang wanita bernama Diane yang mengaku pernah berteman dengan Azura turut membongkar boroknya.

Diane mengenal Azura sejak 2003 melalui mantan suaminya, seorang pengusaha hotel, Brad Kirk.

Baca Juga: Baru Sebulan Nikah Langsung Cerai Gegara Suami Kepincut Pelakor, Wanita Ini Sudah Jadi Korban Ditikung Istri Aparat Sejak Malam Lamaran

Diane menyakini bahwa temannya itu berubah menjadi penipu gegara tergiur dengan kekayaan sosialita Hong Kong.

Diane menyebut bahwa selama berteman, Azura pernah membeli lukisan dengan 'harga teman' hingga sering lupa membawa kartu kredit saat membayar makanan di restoran.

Teman lain kemudian mengatakan padanya bahwa reputasinya rusak setelah berteman dengan Azura.

Sejak itu lah, tepatnya empat tahun yang lalu, Diane memutuskan hubungan pertemanan dengan Azura.

Baca Juga: Aniaya Ayah Kandung Hingga Tewas, Pria Ini Justru Asik Tinggalkan Mayat 3 Hari Hingga Membusuk Untuk Bersepeda Keliling Kota, Alasannya Sepele!

Diane lalu bertemu dengan Robert dan mengetahui bahwa ia telah memberikan uang sejumlah 150.000 USD (sekitar Rp 2 miliar) kepada Azura yang mengaku ayahnya sedang sekarat pada 2017.

Tak hanya itu, Robert juga mengirim 30.000 USD (sekitar Rp 419 juta) pada Azura untuk amal.

Namun, setelah ditelusuri, Azura tak pernah memberikan uang tersebut kepada badan amal.

Robert juga mengklaim telah memberi Azura American Express black card.

Next Shark
Next Shark

Azura Luna Mangunhardjono, wanita asal Kediri yang mengaku keturunan klan 10 keluarga terkaya di Indonesia untk menipu di luar negeri.

Baca Juga: Licin Bak Belut! Kontraktor Ini Bikin Repot Polisi dengan Kelihaiannya Kabur Usai Gondol Gaji Buruh Sebanyak Rp 80 Juta!

Kartu kredit terbitan bank American Express Centurion Bank dan American Express Bank, kartu paling elit yang hanya dapat dimiliki orang-orang dengan harta fantastis.

Karena itu lah, Robert dan Diane kemudian menelusuri Ripoff Report, sebuah situs web yang memungkinkan pengguna untuk mengeluh secara anonim tentang perusahaan atau individu.

Sebuah laporan pada Desember 2018 di situs tersebut menunjukkan bahwa Azura adalah 'salah satu penipu ulung dan terbesar di Hong Kong'.

Hal itu kemudian semakin menguatkan dugaan bahwa Azura memalsukan latar belakangnya untuk menipu teman-temannya.

Baca Juga: Gondok Nggak Mudeng Diajak Ngomong Bahasa Inggris, Pria Ini Cungkil Otak Seorang Wanita untuk Dijadikan Teman Makan Nasi

Selama berpacaran, Jason mengaku Azura pernah ditahan karena menjual tas Hermes palsu.

Azura yang juga dikenal dengan nama alias Alexandra, Ally, atau Miss M kini tak alagi aktif di media sosial.

Akun Instagram pribadinya @followyourbliss007 telah dinonaktifkan atau dihapus secara permanen, sementara akun Twitter dengan namanya juga nampak telah ia tinggalkan.

Akun Linked In miliknya, menurut SCMP, tertulis berbagai gelar dari institusi pendidikan ternama.

Baca Juga: Ingin Hidup Tenang, Pria Ini Justru Diganggu Suara Bising Dari Balik Tembok Rumahnya, Setelah Dibongkar Ia Terkejut Hingga Harus Amankan Dirinya

Seperti gelar sarjana psikologi di Dartmouth dan MBA di Cambridge, hingga teknik kedirgantaraan di MIT.

Namun, melansir dari Post Magazine, pihak Dartmouth dan MIT tak menemukan nama Azura Mangunhardjono dalam daftar alumni.

Sementara itu, melansir dari situs web Scamion.comvia Grid.ID, sebuah ulasan anonim mneyebutkan identitas asli Azura.

"Nama aslinya adalah Enjang Widhi Palupi, lahir di Kediri, Jawa Timur pada 27 Oktober 1978," tulis ulasan tersebut.

Baca Juga: Ingin Turun Berat Badan Hingga 2-4 Kilo Setiap Minggu? Manfaatkan Bahan yang Selalu Ada di Dapur Seperti Satu Ini, Mudah dan Murah!

"Jelas bahwa Azura Mangunhardjono, orang kelas bawah dari Indonesia, berhasil memanipulasi, menipu (dan) melukai tidak hanya orang-orang di Hong Kong, tetapi juga di London, Paris, Milan, Singapura, Jakarta, LA dan NYC," tulis ulasan lain.

Namun, dalam sebuah wawancara dengan Post Magazine pada September 2019, melalui video call, Azura membantah semua tudingan tersebut.

Dalam wawancara itu, Azura juga mengaku tengah hamil anak kembar yang kini menginjak usia kandungan 5 bulan. (*)

Editor : Dwi Nur Mashitoh

Sumber : tribunnews, Next Shark, Grid.ID

Baca Lainnya