Follow Us

Menilik Pasukan Elite TNI yang Mampu Berantas KKB Egianus Kogoya

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Kamis, 09 Februari 2023 | 14:44
Pasukan Elite TNI ini dirasa mampu berantas KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya yang bakar dan sandera pilot dan penumpan Susi Air
kolase instagram/TribunPapua

Pasukan Elite TNI ini dirasa mampu berantas KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya yang bakar dan sandera pilot dan penumpan Susi Air

Sosok.ID - Menanggapi terjadinya penyanderaan pembakaran pesawat Susi Air di Papua beberapa hari lalu, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memerintahkan pengiriman pasukan khusus.

Pasukan khusus yang dikirim tersebut bertugas untuk mengevakuasi sandera termasuk pilot pesawat Susi Air, Kapten Philips Marthen.

Tak hanya itu saja, setidaknya ada lima penumpang pesawat Susi Air yang disebut-sebut ikut disandera oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua pimpinan Egianus Kogoya.

Pembajakan dan pembakaran terhadap pesawat Susi Air Pilatus Porter PC 6/PK-BVY terjadi di Bandara Paro, Nduga, Selasa (7/2/2023) oleh KKB pimpinan Egianus Kogoya.

Panglima TNI langsung mengistruksikan pengiriman pasukan khusus untuk mengevakuasi warga sipil yang diduga disandera KKB Papua.

Lalu pasukan khusus seperti apa yang dikirim TNI untuk melaksanakan operasi menghadapi KKB Papua?

Menilik dari sejumlah pasukan elite yang dimiliki oleh TNI, ada sejumlah pasukan khusus yang dianggap mampu untuk melaksanakan operasi menghadapi KKB Papua.

Berikut sejumlah pasukan elite yang dicap mampu berantas KKB Papua:

1. Sat-81 Kopassus

Pasukan elite berjuluk Satuan 81 (Sat-81) Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD ini dianggap mampu menjalankan tugas untuk menghabisi KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya.

Pasukan elit ini dibentuk oleh dua mantan perwira berprestasi TNI yang kini duduk di kursi menteri, yakni Luhut Binsar Pandjaitan dan Prabowo Subianto.

Editor : Sosok

Baca Lainnya

Latest