Follow Us

Foto Bareng Anies Baswedan, Sosok Wakil Wali Kota Dicopot Gerindra, Ini yang Terjadi Sebenarnya

Rifka Amalia - Minggu, 27 November 2022 | 15:57
Foto Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman dan Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
KOMPAS/ TOTOK WIJAYANTO | KOMPAS.com/ MEI LEANDHA

Foto Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman dan Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Sosok.ID - Sosok politikus Gerindra Aulia Rachman, dicopot dari jabatannya sebagai Sekretaris DPD Gerindra Sumatera Utara tak lama usai foto bersama Anies Baswedan viral.

Aulia Rachman yang juga menjabat sebagai Wakil Wali Kota Medan ini memang sempat berfoto bersama eks Gubernur DKI Jakarta usai Anies Baswedan dideklarasikan Nasdem sebagai calon presiden 2024.

Beredar asumsi pencopotan jabatan Aulia Rachman dari Sekretaris DPD Gerindra Sumut disebabkan karena foto itu, namun faktanya bukanlah demikian. Ketua DPD Gerindra Sumatra Utara, Gus Irawan Pasaribu membantah foto bersama Anies menjadi penyebab Aulia Rachman kehilangan jabatannya di Gerindra.

Sebab menurut Gus Irawan, Surat Keputusan (SK) Revitalisasi pengurus Gerindra keluar lebih dulu sebelum foto Aulia Rachman dan Anies Baswedan viral.

“Isu yang beredar tidak benar. Karena SK ini tertanggal 31 Oktober sementara foto pertemuan itu di awal November,” jelas Gus Irawan, Jumat (25/11/2022), seperti dikutip Sosok.ID dari Tribun Medan.

Adapun Aulia Rachman bukan sserta-merta kehilangan jabatannya di Gerindra, namun posisinya bergeser menjadi Wakil Ketua.

Sementara jabatan Sekretaris DPD Gerindra Sumut digantikan oleh Sugiat Santoso.

Bantahan Gus Irawan senada dengan bantahan Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad.

Dasco menyebut, pergantian pengurus partai Gerindra sangat lumrah terjadi, dan tidak berkaitan dengan foto viral dengan Anies Baswedan.

"Jadi gini, revitalisasi atau pergantian pengurus di Gerindra itu adalah hal yang lumrah dan biasa," kata Dasco di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (25/11/2022), dilansir Sosok.ID dari KompasTV.

Wakil Ketua DPR itu menurutkan, revitalisasi pengurus bukan hanya terjadi di Sumatera Utara saja, namun juga daerah lainnya.

"Iya ini kan revitalisasi enggak hanya Sumut, lho. Saya juga bingung kenapa yang diangkat Sumut. Karena bulan Januari (2023), kami ada rencana pelantikan bersama, ada sekitar tujuh ketua DPD baru diberikan amanah untuk menjadi panglima di daerah masing-masing," ujarnya.

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest