China Siapkan Kapal Induk Nuklir Guna Hadang AS dan Taiwan

Fujian, kapal induk baru milik militer China. airdatanews.com
Fujian, kapal induk baru milik militer China.

Sosok.ID - China bertujuan untuk membangun kapal induk bertenaga nuklir untuk melindungi kepentingan strategisnya yang berkembang di luar negeri.

Hal ini menjadi ajang pamer otot terbaru dari kekuatan dan pengaruh angkatan laut Beijing yang terus meningkat.

Bulan ini, South China Morning Post melaporkan bahwa para analis percaya tindak lanjut China terhadap peluncuran kapal induk Fujian yang sukses baru-baru ini mungkin akan bertenaga nuklir, dengan beberapa catatan China State Shipbuilding Corporation (CSSC) telah menyatakan bahwa itu harus mencapai terobosan dalam teknologi bertenaga nuklir pada tahun 2027.

Sebuah artikel di Wave of South China Sea, akun media sosial urusan militer, menyatakan bahwa galangan kapal yang bertanggung jawab atas kapal induk China belum diberi izin yang diperlukan dan tidak yakin apakah China dapat memperoleh teknologi untuk membangun operator pembangkit listrik tenaga nuklir.

Ia juga menyatakan bahwa kapal bertenaga diesel akan lebih sesuai dengan kebutuhan China.

Ini bukan pertama kalinya China menyuarakan ambisinya untuk membangun kapal induk bertenaga nuklir.

Mei ini, Asia Times melaporkan bahwa pada Februari 2018 CSSC mulai mengembangkan kapal induk bertenaga nuklir yang akan membantu Angkatan Laut PLA pada tahun 2025.

Laporan tersebut juga mengutip sebuah artikel oleh Popular Science yang menyebutkan kebocoran CSSC yang tampaknya menunjukkan tiruan dari kapal induk bertenaga nuklir yang direncanakan China, yang sementara disebut "Tipe 003."

Rincian CSSC yang bocor mengklaim bahwa kelas baru “akan memiliki bobot antara sembilan puluh ribu dan seratus ribu ton dan memiliki ketapel sistem peluncuran terbantu elektromagnetik (EMALS) untuk mengeluarkan pesawat dari dek.

Kemungkinan akan membawa sayap udara besar dari pesawat tempur J-15, pesawat tempur siluman J-31, pesawat peringatan dini dan kontrol udara KJ-600, helikopter perang anti-kapal selam, dan drone serangan siluman.”

Kapal induk bertenaga nuklir China, bermitra dengan kapal penjelajah Type 055 dan kapal selam generasi berikutnya, akan memiliki potensi untuk menjadi kekuatan yang tangguh untuk misi global.

Spesifikasi tersebut menempatkan kapal induk nuklir China yang direncanakan setara dengan kapal induk AS saat ini, setidaknya di atas kertas.

PROMOTED CONTENT

Video Pilihan

KOMENTAR

POPULAR

TAG POPULAR

# video Syur Mirip Gisel # lania Fira # video Panas # nikita Mirzani # prostitusi Artis # kiki The Potters # gisella Anastasia # video Asusila # kalina Ocktaranny # kiky Saputri