Follow Us

Diprotes Satu Negara, Dua Sosok Reporter CNN Ini Minta Maaf Beritakan Pembantaian Massal di Thailand

May N - Senin, 10 Oktober 2022 | 12:38
Pembantaian massal di Thailand menyerang anak-anak kecil di sebuah taman kanak-kanak
Reuters

Pembantaian massal di Thailand menyerang anak-anak kecil di sebuah taman kanak-kanak

Sosok.ID - Media internasional CNN telah menarik berita pembantaian massal di taman kanak-kanak (TK) di Thailand.

Mereka meminta maaf setelah dua jurnalis mereka memasuki tempat penitipan anak tersebut.

Di lokasi tersebut, sebanyak 24 anak kecil terbunuh dan dua jurnalis CNN merekam TKP tanpa izin.

Dua jurnalis CNN tersebut didenda setelah pihak berwenang temukan mereka telah bekerja di Thailand setelah masuk ke negara itu dengan visa turis.

Namun mereka dibebaskan dari kesalahan karena memasuki TKP, ujar wakil kepala polisi nasional Surachate Hakparn, Minggu (9/10/2022).

Investigasi menentukan bahwa para jurnalis percaya bahwa mereka telah memperoleh izin untuk masuk dan merekam setelah dilambai ke dalam gedung oleh seorang sukarelawan atau petugas kesehatan dan tidak menyadari bahwa orang tersebut tidak diizinkan untuk mengizinkan mereka masuk, katanya.

Mereka masing-masing setuju untuk membayar denda 5.000 baht ($133) dan meninggalkan negara itu, kata Surachate.

Kedua wartawan meminta maaf seperti yang dilakukan wakil presiden eksekutif dan manajer umum CNN International, Mike McCarthy.

McCarthy mengatakan wartawannya tidak pernah bermaksud untuk melanggar aturan apa pun dan telah meminta izin untuk memasuki gedung tetapi tim "sekarang mengerti bahwa para pejabat ini tidak berwenang untuk memberikan izin ini".

"Kami sangat menyesalkan segala kesusahan atau pelanggaran yang mungkin ditimbulkan oleh laporan kami, dan atas ketidaknyamanan kepada polisi pada saat yang menyedihkan bagi negara ini," katanya dalam pernyataan yang di-tweet oleh CNN dilansir dari Al Jazeera.

Dia mengatakan CNN berhenti menyiarkan laporan itu dan menghapus video dari situs webnya.

Pihak berwenang mulai menyelidiki insiden tersebut setelah seorang reporter Thailand memposting gambar di media sosial dua anggota kru meninggalkan tempat kejadian di timur laut Thailand, di mana mereka melaporkan serangan pada hari Kamis oleh seorang polisi yang dipecat yang menurut pihak berwenang membantai 36 orang, 24 di antaranya anak-anak.

Editor : Sosok

Baca Lainnya

Latest