Follow Us

Tak Rela Taiwan Merdeka, China Beri Sanksi Pejabat-pejabat Taiwan dan Siapkan Latihan Militer Besar-besaran Hadapi Kunjungan Pejabat AS ke Negara Itu

May N - Rabu, 17 Agustus 2022 | 06:33
Presiden Taiwan Tsai Ing-wen
CNA

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen

Sosok.ID - China telah memberikan sanksi kepada pejabat senior Taiwan dan menggelar putaran baru latihan militer di sekitar Taiwan sebagai tanggapan atas kunjungan singkat ke pulau itu oleh delegasi anggota parlemen AS bipartisan.

Kedatangan anggota parlemen terjadi setelah kunjungan kontroversial Ketua DPR Nancy Pelosi ke pulau itu.

Pada hari Senin, media pemerintah China mengumumkan tujuh orang telah dikenai sanksi karena diduga mendukung kemerdekaan Taiwan, termasuk duta besar de facto Taiwan untuk AS, Hsiao Bi-khim, kepala dewan keamanan nasional Taiwan, Wellington Koo, dan Lin Fe-fan, kepala dewan keamanan nasional Taiwan, wakil sekretaris jenderal partai Demokrat Progresif yang memerintah.

Ketujuh orang itu – yang dilarang bepergian ke Tiongkok, Hong Kong atau Makau, dan mencari untung di Tiongkok – bergabung dengan perdana menteri, menteri luar negeri, dan pembicara Taiwan, yang dikenai sanksi pada November 2021.

Kementerian luar negeri pulau itu mengatakan Taiwan adalah negara demokrasi yang "tidak dapat diintervensi oleh China".

Lin mengatakan meski sanksi tersebut merupakan "pukulan terhadap keadaan hubungan lintas selat saat ini", dia memandang sanksi yang dikenakan padanya sebagai "kehormatan besar".

"Orang-orang di Taiwan telah memberi selamat kepada saya atas 'perbedaan' itu, dan saya mengerti mengapa - saya bangga dicap sebagai pendukung setia untuk rumah saya," kata Lin kepada Guardian.

“Pilihan China untuk menjatuhkan sanksi sebagai tanggapan atas keterlibatan kami dalam kasus-kasus dialog diplomatik merupakan bayangan gelap atas keadaan hubungan global saat ini,” katanya.

“Sementara Taiwan sama sekali tidak antusias tentang prospek perang, dalam menghadapi ancaman seperti itu, kami tidak mau menyerah dalam cara hidup kami… Agresi hanya akan merusak kesediaan kami untuk terlibat dalam dialog dan meningkatkan hubungan kami secara keseluruhan dengan Beijing. ”

Beijing sebelumnya mengatakan telah melakukan putaran baru "patroli kesiapan tempur dan latihan tempur di laut dan wilayah udara di sekitar pulau Taiwan".

Pejabat militer dan media pemerintah juga memperbarui retorika “persiapan perang” mereka di Taiwan, di mana Beijing telah lama mengklaim kedaulatan.

Wu Qian, juru bicara kementerian pertahanan China, mengatakan: “Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) terus melatih dan mempersiapkan perang, dengan tegas mempertahankan kedaulatan nasional dan integritas teritorial, dan dengan tegas menghancurkan segala bentuk separatisme 'kemerdekaan Taiwan' dan asing. upaya gangguan.”

Editor : May N

Baca Lainnya

Latest