Terbukti Sampai di Jakarta Sehari Sebelum Rombongan Brigadir J, Irjen Ferdy Sambo Resmi Dicopot dari Jabatan Kadiv Propam

Irjen Ferdy Sambo jalani pemeriksaan setelah Bharada E jadi tersangka kasus kematian Brigadir J. Kompas.com via Tribunnews.com
Irjen Ferdy Sambo jalani pemeriksaan setelah Bharada E jadi tersangka kasus kematian Brigadir J.

Sosok.ID - Ahmad Taufan Damanik, Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyebut, Komnas HAM memiliki bukti baru menunjukkan bahwa Irjen Ferdy Sambo tiba sehari lebih awal di Jakarta dibandingkan rombongan istrinya.

Bukti ini menggugurkan kronologi sebelumnya yaitu bahwa mereka tiba di hari yang sama dan hanya berselang beberapa menit saja.

"Awalnya kan kita kira sama harinya. Tapi ternyata setelah kita telusuri, kita dapat bukti yang lebih baru. Bukti terbaru itu menunjukkan pulangnya (Ferdy Sambo) satu hari sebelumnya dengan pesawat," ucap Damanik saat ditemui di kantor Komnas HAM, Kamis (4/8/2022) dilansir dari Kompas.com.

Kronologi yang sebenarnya adalah Ferdy Sambo tiba di Jakarta pada Kamis (7/7/2022), sehari sebelum peristiwa kematian Brigadir J.

Ferdy Sambo merayakan hari jadi pernikahannya dengan istrinya di Magelang, Jawa Tengah.

Istri Ferdy Sambo tiba di Jakarta sehari setelah Ferdy Sambo, tepatnya Jumat (8/7/2022) bersama rombongan, termasuk Brigadir J dan Bharada E.

"Yang kami dapatkan tanggal 7 (Juli) pagi, yang pasti (Sambo dan istri) tidak bersama seperti yang selama ini seolah mereka satu rombongan, itu clear," papar Damanik.

Damanik menyebutkan, bukti baru tersebut berhasil dikumpulkan Komnas HAM dari foto-foto kegiatan Ferdy Sambo bersama istri dan para ajudannya di Magelang.

Dari foto tersebut juga terlihat bahwa di Magelang tidak ada masalah apa pun dan semua baik-baik saja sampai tiba di Jakarta.

"Di Magelang tidak terlihat ada masalah apa-apa, mereka rombongan mobil berangkat baik-baik saja, ter-cover semua dalam CCTV," tutur Damanik.

PROMOTED CONTENT

Video Pilihan

KOMENTAR

POPULAR

TAG POPULAR