Follow Us

'Kemungkinan Ada Otak Pembunuhan' Bharada E Ditetapkan Tersangka, Diduga Ada Campur Tangan Pihak Lain dalam Kematian Brigadir J

Dwi Nur Mashitoh - Kamis, 04 Agustus 2022 | 15:17
Bharada Richard Eliezer atau Bharada E ditetapkan sebagai tersangka kasus kematian Brigadir J
kolase ANTARA & twitter

Bharada Richard Eliezer atau Bharada E ditetapkan sebagai tersangka kasus kematian Brigadir J

Sosok.ID - Bharada E resmi ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus penembakan yang menewaskan Brigadir J.

Direktur Eksekutif Amnesty Internasional Indonesia, Usman Hamid menyebut ada orang lain yang jadi otak pembunuhan Brigadir J.

Seperti yang diketahui, Bharada E dan Brigadir J terlibat baku tembak di rumah dinas Kadiv Propam Nonaktif Irjen Ferdy Sambo.

Baku tembak di rumah yang terletak di kawasan Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan itu terjadi pada Jumat (8/7/2022) sekitar pukul 17.00 WIB.

Setelah penyidik melakukan gelar perkara, Bharada Eliezer alias Bharada E pun ditetapkan sebagai tersangka.

Melansir dari Tribunnews.com, Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi menyebut pemeriksaan saksi sudah dianggap cukup.

"Dari hasil penyidikan tersebut pada malam ini penyidik sudah melakukan gelar perkara dan pemeriksaan saksi juga sudah kita anggap cukup untuk menetapkan Bharada E sebagai tersangka," katanya di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (3/8/2022).

Di sisi lain, Usman Hamid menyebut kemungkinan adanya otak pembunuhan dalam insiden tersebut.

Dugaan tersebut muncul dari pasal yang disangkakan terhadap Bharada E, yakni pasal 338 KUHP Jo pasal 55 dan 56 KUHP.

“Ada kemungkinan orang lain yang menjadi otak pembunuhan karena pihak kepolisian menggunakan rujukan pada pasal 55 dan pasal 56 hukum pidana,” katanya, dikutip dari tayangan YouTube Kompas TV, Rabu (3/8/2022).

Dimana menurut Usman Hamid, pasal 55 bicara seseorang bukan hanya melakukan perbuatan pidana, dalam hal ini pasal 338 pembunuhan, melainkan juga orang yang menyuruh atau turut serta melakukan.

Editor : Dwi Nur Mashitoh

Baca Lainnya

Latest