Follow Us

Mengutuk Vladimir Putin, AS Terbangkan Paket Bantuan Militer untuk Ukraina, Apa Isinya?

Rifka Amalia - Kamis, 17 Maret 2022 | 21:00
Presiden AS Joe Biden
whitehouse.gov

Presiden AS Joe Biden

Sosok.ID - Washington telah mengumumkan bantuan keamanan tambahan senilai $800 juta termasuk drone dan sistem anti-tank dan anti-pesawat untuk digunakan Ukraina.

Ukraina saat ini tengah berperang melawan Rusia sejak invasi militer pada Februari lalu.

Presiden AS Joe Biden telah mengalokasikan $800 juta tambahan dalam peralatan militer yang akan langsung ditransfer ke Ukraina.

Pengumuman pada hari Rabu (16/3/2022) itu datang pada hari yang sama saat Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy meminta Kongres AS untuk lebih banyak mengirim bantuan keamanan untuk mengusir invasi Rusia.

Baca Juga: Indra Kenz bak Muka Tembok, Ngotot Tak Bersalah hingga Nekat Hilangkan Barang Bukti

Perang yang disebabkan Rusia telah menewaskan sedikitnya 1.834 warga sipil sejak dimulai pada 24 Februari.

Dilansir dari Al Jazeera, Kamis (17/3/2022), paket kiriman AS tersebut mencakup lonjakan senjata anti-pesawat dan anti-tank yang disediakan AS, serta drone.

Bantuan itu menunjukkan “komitmen Washington untuk mengirimkan sistem kami yang paling mutakhir ke Ukraina untuk pertahanannya”, kata Biden.

Biden mengatakan kepada seorang reporter bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin adalah “penjahat perang”.

Baca Juga: Dikabarkan Putus, Fuji Sempat Akui Merasa Tertekan Berpacaran dengan Sosok Thariq Halilintar, Ingin Kamera Dimatikan

Juru bicara Gedung Putih Jen Psaki mengatakan Biden “berbicara dari hatinya”, sementara Departemen Luar Negeri masih dalam proses menentukan apakah Putin benar-benar melakukan kejahatan perang atau tidak.

Janji terbaru tidak termasuk referensi ke jet tempur yang telah diserukan Zelenskyy selama serangan Rusia yang sedang berlangsung.

Source : Al Jazeera

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest